Bursa Inovasi Desa kembali digelar. Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti

Sawahlunto,Integritasmedia.com -  Bursa Inovasi Desa kembali digelar. Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengajak Pemerintahan 27 desa menggali inovasi  memanfaatkan dana desa tidak hanya terfokus pada infrastruktur, tapi juga meningkatkan kualitas kewirausahaan dan SumberDaya Manusia guna percepatan kesejahteraan masyarakat desa.

"Bangun kewirausahaan masyarakat secara nyata kemudian baru bentuk BUMDESnya. Jangan sampai program berjalan sekedar  terpaksa, seperti membangun BUMDES dulu, baru mencari usaha. Mulailah dari perencanaan yg baik, jangan sampai 'tersandung' dalam pengelolaan dana ini" pesannya.

Ia juga berpesan kepada Kepala Desa yang hadir untuk lebih optimal memberdayakan  potensi desa dalam menjalankan program padat karya. "Beli bahan bangunan dari toko yang ada di desa dan pekerjakan masyarakat desa sehingga uang benar-benar beredar di masyarakat" ujar Zohirin.
Dedi Sahendri, SSTP, MSi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa Perlindungan Perempuan dan Anak  Kota Sawahlunto serta  Syafrijal, MM Satker program inovasi desa Provinsi Sumbar mengatakan kegiatan bursa Inovasi Desa yang digelar kedua kalinya di Sawahlunto,  ditujukan untuk menjembatani Pemerintahan Desa mencari ide dan inovasi sehingga  pemanfaatan dana desa lebih efektif dan tepat sasaran.

Mendukung percepatan pembangunan desa selain dari APBN, Pemko juga mengalokasikan  dana pendampingan desa sebesar 10% dari APBD, sehingga masing-masing desa memiliki APBDes sekitar 2 milyar rupiah.

Untuk memacu kompetisi Pemerintah Desa mengembangkan inovasi, dalam acara tersebut Pemko mereward Desa-desa yang terbanyak mengambil komitmen inovasi desa dan
terbanyak melakukan tindak lanjut komitmen inovasi. Yang mendapat reward ini yakni Pemerintah Desa Talawi Mudiak, Rantih dan Talawi Hilir.

Tim Pelaksana Inovasi Desa kecamatan Silungkang mendapat reward sebagai TPID terbanyak menghasilkan menu program inovasi dari wilayah binaan.

Juga diserahkan bantuan penguatan modal sebesar 50 juta rupiah kepada Bumdes Sepakat Desa Tumpuk Tangah, Bumdes Taratak Bancah Sejahtera Desa Taratak Bancah.(AS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama