LIMAPULUH KOTA

Lantik Walnag Sungai Talang, Bupati Irfendi Arbi Ingatkan Transparansi

Limapuluh Kota,Integritasmedia.com - Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi melantik Dian David menjadi Wali Nagari Sungai Talang Kecamatan Guguak periode 2019-2025. Kendati diguyur hujan lebat, namun pelantikan dan pengambilan sumpah yang berlangsung di halaman kantor wali nagari, senin lalu itu tetap dipadati masyarakat dan berbagai instansi terkait di Kecamatan Guguak.
Dalam sambutannya Bupati Irfendi Arbi mengingatkan jabatan tersebut adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Ia juga meminta wali nagari yang baru dilantik itu melaksanakan kegiatan pemerintahan dan pembangunan menggunakan dana nagari secara transparan dan akuntabel.
“Jabatan wali nagai ini adalah amanah. Jangan sampai amanah itu tidak dilaksanakan atau dilanggar. Perlu pula disadari, pekerjaan pemimpin tersebut banyak yang mengawasi, termasuk walinagari. Apalagi sejak adanya dana nagari (desa) yang mencapai kisaran Rp2 milyar di tiap nagarinya,” papar Bupati Irfendi Arbi.
Dikatakan, pengawasan dana nagari ini tidak  saja datang dari aparat hukum seperti kepolisian, kejaksaan, BPK dan lembaga berkompeten lainnya, namun juga bisa dilakukan lembaga swadaya masyarakat dan warga Sungai Talang sendiri.
“Karena anggaran nagari itu merupakan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan, maka wali nagari harus benar-benar menggunakannya sesuai aturan,” ulang Irfendi sembari mengajak masyarakat ikut berpartisipasi aktif mendukung pelaksanaan pembangunan dan jalannya roda pemerintahan Nagari  Sungai Talang di bawah kepemimpinan Dian David.
Lebih lanjut Irfendi mengatakan, wali nagari merupakan ujung tombak pembangunan nagari. Untuk itu pemimpin pemerintahan terbawah ini harus bisa menciptakan suasana kondusif dan kerjasama yang baik dengan berbagai elemen masyarakat. Tak kalah pentingnya, walinagari harus benar-benar mengayomi dan tampil sebagai suri tauladan bagi masyarakat
“Tugas ke depan semakin berat, karenanya kita mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung wali nagari. Mari kita tingkatkan persatuan serta kesatuan dan jaga terus suasana yang kondusif ini untuk membangun nagari yang sejahtera,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu Irfendi Arbi juga mengucapkan terimakasih kepada wali nagari yang lama Mulyadi atas pengabdiannya memimpin Sungai Talang sebelum ini.
Sebelumnya tokoh masyarakat Sungai Talang Mediani Dt. Marajo Nan Elok juga berharap wali nagari yang baru mampu membawa Sungai Talang menjadi nagari dengan masyarakat yang sejahtera dan memiliki akidah yang kuat.
“Bukan saja sejahtera, kita tentu berharap kepemimpinan wali nagari yang baru mampu menguatkan agama dan akidat masyarakat, terlebih genarasi muda yang kini semakin rawan dari pengaruh kemajuan teknologi,” papar Mediani yang juga Ketua KAN Sungai Talang.
Sementara Wali Nagari Dian David dalam penyampaiannya juga mengharapkan dukungan semua pihak. “Saya berharap dukungan semua pihak agar dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Tanpa dukungan masyarakat, tentunya saya tidak akan bisa berbuat banyak secara maksimal,” ujar Dian.
Iku hadir dalam acara itu Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Limapuluh Kota Monalisa Irfendi Arbi, para tokoh masyarakat serta sejumlah kepala OPD. (S)

About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.