Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Cegah Covid-19, Perbatasan Rabat Diperketat

Selasa, 28 April 2020 | April 28, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-05-19T04:46:09Z
Antisipasi dan cegah penyebaran Covid-19 di R Batahan Pasbar
Pasaman Barat, integritasmedia.com – KECAMATAN Ranah Batahan (Rabat) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), sebagai daerah perbatasan dengan Sumatera Utara (Sumut)), menjadi perhatian khusus pemerintah setempat untuk diawasi lebih ketat. Sehingga dengan didirikannya posko pemeriksaan, diharapkan dapat cegah penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

Camat Rabat, Syahwirman, SH, MM kepada  menyebutkan, Posko Perbatasan merupakan suatu bentuk kewaspadaan yang dibentuk Pemkab Pasbar dalam upaya percepatan penanganan dan pencegahan COVID 19 di daerah itu. Maka setiap pengunjung yang melintas masuk dari perbatasan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

“ Kita di Kecamatan Rabat ini bersama instansi terkait dan satuan tugas yang dibentuk, berupaya seoptimal mungkin dalam rangka pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19. Apalagi disini, lalu-lintas warga menuju Pasbar cukup tinggi, “kata Syahwirman, Selasa (31/3), saat persiapan penyemprotan fasilitas umum di Kantor Camat, Silaping.

Didampingi Kapolsek Rabat, Iptu Keling Dapit, Camat Syahwirman menjelaskan, sudah ribuan orang yang menuju Pasaman Barat telah diperiksa suhu tubuhnya. Bagi suhu tubuhnya yang mencapai 38 derajat, petugas mencatat identitas, alamat dan nomor teleponnya, untuk selanjutnya dilakukan pemantauan.

“Alhamdulilah hingga saat ini belum ada yang terdeteksi mengarah Covid-19. Dan mudah-mudahan kita berdoa agar penyebaran virus corona ini tidak masuk ke daerah Pasbar, “ harap Camat.

Selain memperketat pemeriksaan di perbatasan, yang titik lokasi poskonya menurut camat akan digeser lebih dekat ke perbatasan, pihak kecamatan bersama pemerintah nagari dan pihak Polsek melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum. Penyemprotan di lakukan mulai dari perkantoran seperti Kantor Camat, Walinagari, sarana ibadah dan juga pasar mulai dari ibukota kecamatan, Silaping hingga ke daerah Kampung Baru dekat perbatasan.

Penyemprotan fasilitas umum yang dilaksanakan, Selasa (31/3) juga dalam upaya pencegatan covid-19. Dalam kesempatan itu, Kapolsek, Iptu Keling Dapit turun tangan langsung melakukan penyemprotan bersama camat walinagari dan sejumlah petugas lainnya.

Kapolsek turut menghimbau agar masyarakat selalu waspada, menjaga kebersihan, mebiasakan cuci tangan dan membatasi keluar rumah jika tidak sangat penting. Ia pun mengingatkan agar warga mengikuti anjuran pemerintah dan juga kepolisian untuk tidak melakukan aktivitas keramaian dan berkumpul-kumpul dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19. (mon)
iklan banner

Liputan Khusus

Bedah Kasus

iklan banner

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

iklan banner
×
Berita Terbaru Update