Wako Riza Falepi Buka Musnag III (PPN) Pemuda Paga Nagori Koto Nan Godang


Payakumbuh,Integritasmefia.com --- Wali Kota Riza Falepi Dt. Rajo Ka Ampek Suku membuka secara resmi Musyawarah Nagari III Pemuda Paga Nagari (PPN) Koto Nan Godang, di Balai Adat KAN Nagori Koto Nan Godang, Kelurahan Balai Tongah Koto, Kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu (29/11).

Turut mendampingi Wali Kota Riza Kabag Kesra Ulfakhri, Camat Payakumbuh Utara Desfitawarni, Anggota DPRD dari Partai Nasdem Ahmad Ridha, Ketua Pelaksana Ahmad Ghani, dan Ketua KAN Nagori Koto Nan Godang Dt. Patiah Baringek.

Dalam sambutannya, Riza Falepi yang merupakan Niniak Mamak Nagari Koto Nan Godang itu menyampaikan ramainya suatu nagari karena pemuda, sebagai anak nagari koto nan godang diharapkan bisa membangun nagarinya dengan baik dan benar.

"Ini merupakan momentum bagi kita untuk bersama-sama bagaimana kedepannya nagari kita ini bisa maju dalam banyak hal terutama bidang pendidikan dan kebudayaaan sehingga nantinya anak cucu kita bisa tau bagaimana sejarah dari kampung nya sendiri," kata Riza.

Riza ingin bagaimana di nagari bisa terus melestarikan adat dan budaya. Sumatera Barat sebagai ranahnya orang minang harus terus menjunjung tinggi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, karena ini menjadi modal utama sebagai identitas budaya.

Riza juga mengajak dan berpesan kepada penerus pemuda Nagori Koto Nan Godang, agar bisa menjadi pemimimpin yang baik dalam rangka membangun kampung kedepannnya.

"Walaupun membangun di Koto Nan Godang ini cukup sulit, ini saya akui karena banyak hal, Tapi saya terus berusaha membangun supaya kampung kita ini bisa maju dan sama dengan daerah lain, walaupun banyak sekali kritik yang datang kepada saya," jelasnya.

"Saya berharap kedepannya muncul pemimpin baru dari nagori kita yang bisa membawa kampung kita ini kerah yang lebih baik dan maju tanpa melupakan adat dan budaya kita," pungkasnya. 

Ketua Panitia Ahmad Ghani menerangkan dalam Musyawarah Nagari III PPN Koto Nan Godang ini dipilih ketua di kalangan pemuda paga nagori, dimana fungsinya sebagai organisasi adat kepemudaan di bawah naungan KAN. 

Organisasi ini isinya pemuda-pemudi berdarah keturunan Koto Nan Godang, dan diutamakan berdomisili di Koto Nan Godang. Mereka bisa bersinergi dengan organisasi seperti karang taruna, KNPI, dan organisasi kepemudaan lainnya.

"Musnag PPN ini digelar sesuai setelah habis masa kepengurusannya selama 5 tahun menurut AD-ART," kata Ghani yang juga merupakan Ketua KNPI Kota Payakumbuh. (A)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama