Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

MITRA

Iklan

Iklan

iklan banner

Tag Terpopuler

Zuldafri : Camat Miliki Peran Penting

Minggu, 13 Desember 2020 | Desember 13, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-12-13T23:53:42Z
Zuldafri Darma

Bukittinggi, integritasmedia.com – CAMAT merupakan salah unsur perangkat daerah yang punya peranan penting dalam menangani sebagian urusan pemerintahan. Selain sebagai perangkat daerah juga merupakan perpanjangan tangan kepala daerah di wilayah kecamatan.

Penguatan peran strategis ini yang ditekankan Plt. Bupati Zuldafri Darma saat rapat kerja dengan camat se-Kabupaten Tanah Datar dan perangkat daerah terkait, Sabtu (12/12) di Bukittinggi.

“Camat punya kekhususan dibandingkan perangkat daerah lain. Untuk mendukung azaz desentralisasi kekhususan tersebut ada kewajiban yang harus dilaksanakan,” sampai Zuldafri.

Disebutkan kewajiban tersebut di antaranya mengintegrasikan nilai-nilai sosial kultural, menciptakan stabilitas dalam dinamika politik, ekonomi dan budaya, mengupayakan terwujudnya ketentraman dan ketertiban umum wilayah yang dipimpinya.

Selain itu kecamatan mendapat pelimpahan kewenangan seperti pelayanan administasi terpadu kecamatan atau PATEN, fasilitasi penyusunan rancangan APB Nagari dan evaluasi rancangan APB Nagari serta monitoring pelaksanaan APB Nagari agar tidak terjadi penyimpangan, tambahnya.

“Melihat begitu besar tugas yang diemban, camat adalah ujung tombak penyelenggaran pemerintahan di wilayah kecamatan, sehingga camat harus mengetahui dan mengenal kondisi wilayah, potensinya, mendorong pemberdayaan masyarakat serta pelayanan publik yang prima,” terang Zuldafri.

Zuldafri berharap dengan raker ini bisa dijadikan wadah dalam memecahkan permasalahan-permasalahan dalam penyelenggaran pemerintahan di kecamatan.

Raker ini juga dihadiri Sekda Irwandi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Inspektur Altri Suandi, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Sekretaris PMDPPKB D. Yonasri, Kabag POD Herison, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal dan Plt Kabag Hukum Vorry Rahmad. (ha)

iklan banner

Liputan Khusus

Bedah Kasus

iklan banner

Pendidikan

Hukum dan Kriminal

iklan banner
×
Berita Terbaru Update