teknologi

Inovasi Teknologi Harus Jadi Pola Pikir Masyarakat Desa

Inovasi teknologi tepat guna bisa jadi solusi problem di Indonesia.
Oleh : Amal Nur Ngazis
Integritasmedia.com I
novasi pengelolaan Teknologi Tepat Guna (TTG) dianggap bisa menyelesaikan beberapa persoalan yang ada di Indonesia. Jika dikembangkan dengan baik, TTG bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Ahmad Erani Yustika dalam Forum Komunikasi Inovator dan Pengelolan Posyantek Teknologi Tepat Guna di Gedung Makarti, Kalibata, Rabu 11 Mei 2016.

Menurut Erani, Indonesia masih harus memperbaiki kualitas inovasi TTG. Mengacu pada data Global Inovation Indeks, peringkat Indonesia masih berada pada posisi 85 dari 135 negara yang disurvei. Dengan posisi tersebut, kata Erani, Indonesia termasuk negara yang mengalami percepatan inovasi dalam hal TTG.

“Pada 2013, Indonesia termasuk negara yang mengalami percepatan tertinggi. Posisi percepatan inovasi teknologi tepat guna Indonesia, sudah berada di posisi 31 dari 141. Sedangkan posisi teknologinya masih berada di posisi 77 dari 144 negara yang di survei,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Berpedoman indeks tersebut, Erani meyakini ada harapan besar bahwa inovasi di Indonesia sangat melimpah.

“Nanti inovasi tepat guna bisa menjadi bahasa baru ke depan, yang menentukan produktivitas ekonomi, bukan lagi terletak pada SDM dan modal sosial, akan tetapi juga lebih dari sisi inovasi dan teknologi tepat guna,” kata dia.(Vivaco.id/Int)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.