NAGARI PADANG LAWEH TAMPILKAN KESENIAN TRADISIONAL ALU KATENTONG

Batusankar,integritas
Nagari Padang Laweh menampilkan Atraksi Alu Katentong yang dimainkan oleh ibuk-ibuk dari nagari padang laweh . Wujud dari kegiatan ini merupakan ekspresi kegembiraan kala menumbuk padi menggunakan alu di sebuah lesung dengan cara bergantian memukulkan alu ke lesung sehingga menghasilkan irama-irama tertentu yang bernuansa ceria. Diantara irama yang dihasilkan tersebut dikenal dengan istilah “alang babega” (elang melayang), “alang ka turun” (elang menukik) dan sebagainya.

Masing-masing wanita memainkan motiv tumbukan sendiri, sehingga antara satu orang dengan yang lainnya berbeda bunyi yang saling melengkapi, sebelum memulai peragaan, alat-alat yang dibutuhkan berupa Alu dan Lesung. berikutnya kostum khas yang memperindah seni tarian ini, untuk lebih menyempurnakan bunyi, di butuhkan juga beberapa orang pemain talempong

Tarian ini merupakan kesenian yang berasal dari Tanah Datar, yang di ambil dari falsafah hidup orang minang "Alam takambang Jadi guru". artinya semua yang ada di alam bisa dijadikan guru.

Alam bisa dijadikan guru untuk membuat sebuah kesenian. salah satunya yakni Alu Kalentong, Dulunya oleh masyarakat Tanah Datar Alu Katentong di lakukan pada saat panen padi, sebagai perwujudan rasa sukur kepada sang pencipta atas rezeki yang di berikan Allah SWT.

Penampilan alu katentong ini merupakan atraksi sebagai perwujudan rasa gembira sehubungan telah diresmikan jalan setapak yang berlokasi di Jorong Guguak Baruah Nagari Padang Laweh, kecamatan Sungai Tarab oleh Bupati Tanah Datar  yang di wakili oleh ketua LKAM Veri Dtk,lelo sampono " ujar Wali Nagari Iskandar kemaren seusai kegiatan kepada awak media.

Kegiatan kesejahteraan Sosial berupa rambat beton atau pencoran jalan setapak mulai dari Jorong Guguak Baruah Nagari Padang Laweh sepanjang 276 m dan pencoran jalan sepanjang 30 m, dengan lebar bermacam-macam : 37 m dengan lebar 210 cm, 65 m dengan lebar 240 cm dan sisanya dengan lebar 1,5 m, kegiatan ini mengunakan Dana Nagari.

Di sampaikan Iskandar Kegiatan yang difasilitasi oleh Kementrian Sosial ini akhirnya terlaksana. "Semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Padang Laweh khususnya dan Sungai Tarab pada umumnya , (bo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama