liputan khusus

Pemko Pariaman penghargaan the world bank

Pariaman (Sumbar) Integritasmedia.com
Pemerintah Kota Pariaman meraih penghargaan dan Apresiasi dari The World Bank (Bank Dunia) pada penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang ada di Kota Pariaman. Penghargaan ini bukan hanya di lingkup indonesia saja tetapi telah diakui oleh dunia melalui Bank Dunia, dan hal ini menunjukan bahwa Kota Pariaman telah sukses menerapkan Siskeudes ini di daerahnya, dan akan menjadi awal yang baik untuk  tahun 2017.

Penghargaan ini diserahkan oleh Kabid Pemerintahan Desa BPMD Kota Pariaman, Yurnalis, kepada Walikota Pariaman Mukhlis Rahman di ruang kerjannya, didampingi oleh Sekda Indra Sakti dan Asisten III Lanefi, Senin 16/1.

"Kota Pariaman satu-satunya Kota di indonesia yang mendapat penghargaan dan apresiasi dari The World Bank, yang diserahkan langsung oleh Task Team Leader The World Bank, Cristopher Finch kepada Pemko Pariaman," tukas Mukhlis

Diharapkan dengan diterimannya penghargaan ini, Desa yang ada di Kota Pariaman, dapat bekerja lebih maksimal dan dapat melanjutkan pembangunan di desanya masing-masing, serta selalu menggunakan Aplikasi Siskeudes sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah pusat, tuturnya.

"Sebelumnya Laporan Siskeudes 55 Desa di Kota Pariaman ini, telah kami serahkan kepada Ketua BPKP Perwakilan Sumbar Herman Hermawan pada acara Quality Assurance Implementasi Aplikasi Siskeudes dan Kompilasi Laporan Realisasi Keuangan Anggaran Desa Tahun Anggaran 2016 di wilayah Kota Pariaman, di Aula Balaikota Pariaman Desember lalu. Selanjutnya laporan ini diberikan langsung oleh BPKP Perwakilan Sumbar kepada The World Bank, yang akhirnya berdasarkan laporan inilah Kota Pariaman menerima penghargaan tersebut," pungkas Mukhlis.

Penghargaan ini sebelumnya diterima oleh Yurnalis di dampingi Kasubid Pendapatan Desa BPMD Kota Pariaman, Marwan, pada acara Focus Group Discusion (FGD) untuk penyusunan Pedoman Bimbingan dan Konsultasi (Binkon) Pengawasan Keuangan Desa yang digagas oleh The World Bank di Hotel Atanaya Bali, dari tanggal 10-12 Januari kemaren.

The World Bank memberikan penghargaan kepada Kota Pariaman karena Kota Pariaman satu-satunya Kota di Indonesia yang mana seluruh Desanya telah menerapkan dan mengimplementasikan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) pada pengelolaan keuangan desanya. Tercatat 55 Desa yang ada di Kota Pariaman telah melaksanakan Siskeudes ini di tahun 2016 kemaren.

Yurnalis mengatakan sejak tahun 2015 sampai tahun 2016, Kota Pariaman telah menganggarkan dana Desa untuk 55 desa yang ada di Kota Pariaman. Berdasarkan edaran dari Kemendagri dan BPKP Perwakilan Sumbar, maka Kota Pariaman telah menerapkan Siskeudes pengelolaan keuangan desa sesuai dengan anjuran yang diberikan tersebut.

"Kita juga telah mengadakan MoU dengan BPKP Perwakilan Sumbar, bersama dengan seluruh Kota/Kabupaten yang ada di Sumbar. Kota Pariaman ditunjuk sebagai Piloting Projek Implementasi Aplikasi Siskeudes di Sumbar, dimana sebelumnya 3 daerah yang sudah ditunjuk, gagal menerapkan aplikasi Siskeudes ini di daerahnya," tuturnya.  

Pemko Pariaman sangat komit untuk mendukung penerapan Aplikasi Siskeudes ini di Kota Pariaman, hal ini dibuktikan mulai di bulan September lalu, kita mengadakan pelatihan kepada bendahara desa dan kecamatan, didampingi oleh Satgas Siskeudes Kota Pariaman binaan dari BPKP Perwakilan Sumbar, dari tanggal 19-26 September, dilanjutkan dengan pelatihan penata usahaan keuangan desa  melalui Siskeudes pada tanggal 28-30 September, terangnya. (J)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.