limapuluhkota

Ayo Makan sayur dan Buah serta Ayo Hidup CERDIK Dalam HGN ke- 57 di Limapuluh Kota

 
LimapuluhKota ( Sumbar ).Integritasmedia.com.Masalah gizi merupakan salah satu masalah serius yang perlu mendapat perhatiankhusus,sebab berdasarkan Global Nutrision Report (GNR) tahun 2014 Indonesia termasuk ke dalam 17 Negara di natara 117 Negara mempunyai 3 masalah gizi, di antaranya : 1.Shunting ( pendek),2.Wasting (kuup Sehat ( Germas ) karena Indonesrus),3.Overweight (gemuk.
Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 57,Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota melaksanakan berbagai kegiatan yaitu : senam pagi,apel bersama kuliah umum oleh DR.dr.Afriwaldi SOPK yang di lanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan bebrapa hari lalu di Aula kantor Bupati lama di pusat Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Kesehatan Limap uluh Kota Dr.H.Tien SEptino M.Ke sserta di damping Kasi Gizi Wilda Reflit  dan Petugas Gizi Mai Murnimenyebutkan kepada para awak media bahwa dalam rangka menghadapi serta mengurangi dampak masalah gizi tersebut sesuai dengan Perpres No.47 tahun 2013 tentang besaran nasional percepatan perbaikan gizi yang oleh ibu Menkes juga di canangkan bersama gerakan Masyarakat Hidup SEhat ( Germas ),karena Indonesia temasuk 47 Negara dari 122 yang mempunyai masalah anemia pada WUS.Mak untuk itu di keleuarkan pencanangan Germas itu dengan 3 fokus : 1.Meningkatkan aktifitas baik,2. Konsumsi sayaur dan buah,3. Deteksi dini penyakit.

Di  paparkan juga oleh kadis... bahwa keadaan gizi di kabupaten Limapuuluh Kota tahun 2016 adalah : Stunting (pendek) : 15.5 % target 32%,2. Wasting (kurus) : 1.7% target 7 %,3. Overweight (Gemuk ) :2.5% target 10%,4ibu hamil (KEK) : 6.09& target 30%,5.Begitu juga dengan konsumsi dan buah masih rendah yaitu : 57.1 gram/hari,6.Konsumsi sayur hijau paling banyak 79.%.
Dan dari di atas dapat di simpulkan bahwa keadaan gizi di Kabupaten Limapuluh Kota tergolong baik ,karena tidak melebihi target,ujar kadis....Dan sejalan dengan itu pada hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh pada taggal 25 januari 2017 denagan tema “Membangun Gizi,menuju bangsa sehat berprestasi”,dengan sub tema Peningkatan konsumsi sayur dan buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat”,dengan Slogan “Ayo Makan Buah dan sayur Setiap Hari”.

Di harapkan dengan adanya GGN Nasional yang ke 57 ini,maka bisa  ,eningkatkan penegetahuan masyarakat tentang konsumsi pangan untuk memenuhi kedaulatan gizi,meningkatkan komitmen dan kerjasama lintas sektorl dan lintas program dalam pembangunan pangan dan gizi serta mari kita kampanyekan pesan di media-media yang ada do Kabupaten Limapuluh Kota : Ayo makan sayaur dan buah dengan slogan ayo hidup CERDIK : C = CEk kesehatan secara rutin ,E = Enyahkan asap rokok, R = Rajin aktivitas fisik,D = Diet sehat seimbang, I = Istirahat yang cukup, K = Kelola stress.(Ant)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.