agam

Baznas Agam Salurkan Zakat Rp231 Juta

Lubuk Basung ( Sumbar ) Integritasmedia.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyalurkan zakat sebesar Rp231 juta kepada 139 mustahik atau penerima zakat yang ada di daerah itu.
 
Ketua Baznas Agam, Isman Imran di Lubuk Basung, mengatakan, zakat sebesar Rp231 juta ini diserahkan melalui program Agam Makmur sebesar Rp49 juta untuk 26 mustahik, Agam Cerdas Rp82 juta untuk 82 mustahik.
 
Lalu Agam Sehat Rp36 juta untuk 17 mustahik, Agam Taqwa Rp9,5 juta untuk dua mustahik dan Agam Peduli Rp53,4 juta untuk 12 mustahik."Ke 139 mustahik ini tersebar di Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Ampek Nagari. Zakat ini kita salurkan di Masjid Nurul Falah Lubuk Basung, Jumat (3/2)," katanya.
Ia menambahkan mustahik yang menerima zakat ini setelah mengajukan permohonan kepada Baznas Agam.

Setelah itu, Baznas Agam menurunkan petugas untuk meninjau ke rumah mustahik itu."Apabila tim sudah turun, pengurus Baznas Agam akan melakukan rapat dalam menentukan kelayakan mustahik tersebut mendapatkan bantuan," katanya.

Ia mengakui penyaluran ini merupakan tahap kedua pada awal 2017, karena Baznas Agam telah menyalurkan zakat di Kantor Baznas Agam di Belakang Balok Kota Bukittinggi pada 29 Januari 2017.

Zakat yang disalurkan itu sebesar Rp162,1 juta untuk 118 mustahik yang tersebar di Kecamatan Ampek Angkek, Banuhampu, Malalak, Kamang Magek, Baso, Tilatang Kamang, Canduang, Ampek Koto, Sungai Pua dan Palupuh.

Pada 2017, katanya, sekitar Rp500 juta zakat yang telah disalurkan dan pada 2016 sekitar Rp8,5 miliar.
"Mudah-mudahan zakat yang disalurkan ini bermanfaat bagi mereka untuk modal usaha, biaya pendidikan dan lainnya," katanya.(A)


About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.