payakumbuh

Benni Warlis :"ASN Harus Netral Hadapi Pilkada"

Payakumbuh (Sumbar).Integritasmedia.com.Sekdako Payakumbuh Benni Warlis menghimbau agar Aparatur Sipil Negara (ASN) bertindak netral dan tidak berpihak dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah Kota Payakumbuh yang di laksanakan Rabu 15 Februari 2017 yang merupakan Pilkada seluruh Indonesia .ASN yang terbukti tidak netral dan melanggar aturan, menurutnya harus diberikan sanksi tegas, Benni Warlis

Demi mewujudkan netralitas ASN dan larangan penggunaan aset pemerintah dalam Pemilukada Rabu 15 Februari 2017, sebelumnya Menteri PANRB sudah mengeluarkan surat edaran menteri, yaitu SE Menteri No. B/2355/M.PAN-RB/07/2015 tanggal 22 Juli 2015. Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa sanksi akan dberikan kepada ASN yang terlibat dalam penyelenggaraan kampanye dalam bentuk apapun, yaitu sanksi hukuman sedang sampai berat.

Sikap netral yang dimaksud adalah pelarangan para ASN, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun non-PNS untuk tidak terlibat dalam segala kegiatan yang bersifat mendukung salah satu kandidat dalam proses pelaksanaan pilkada.

Ketentuan mengenai larangan PNS untuk terlibat dalam pilkada ini menurut Syahrul sangat jelas seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang mempertegas jarak antara birokrasi dan politik.

“Ketentuan mengenai larangan ini tidak lain ditujukan untuk mendorong aparatur sipil negara agar lebih berkonsentrasi pada kualitas kerja dan menjalankan peran ASN dengan bersikap jujur, bertanggung jawab, dan tidak terlibat dalam aktivitas politik,” katanya.

“Oleh sebab itu seluruh aparatur sipil negara Kota payakumbuh perlu kami ingatkan kembali mengenai etika yang harus ditaati dalam menyikapi pilkada akan berlangsung secara serentak pada 15 Februari mendatang,” ujarnya.

Hal tersebut mencakup keikutsertaan sebagai pelaksana kampanye, menjadi peserta kampanye dengan menggunakan atribut partai atau atribut PNS, menjadi peserta kampanye dengan mengerahkan PNS lain, dan/atau sebagai peserta kampanye dengan menggunakan fasilitas neggara, membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon serta terlibat mengarah keberpihakan terhadap pasangan calon.

Dan juga kepada masyarakat Kota Payakumbuh dalam melaksanakan Pemilukada ini di harapkan  untuk hadir ke TPS untuk mencoblos dalam rangka mensuskseskan Pilkada serta mencari  pemimpin Payakumbuh 5 tahun ke depannya.Dan kepada pihak-pihak tim sukses serta masyarakat yang mendukung salah satu dari ke 3 pasangan Cawako Cawawako jika tidak terpilih nantinya supaya menjaga ketenangan secara kondusif karena Pilkada ini adala Pilkada badunsanak,ujar Benni (Ant)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.