seni dan budaya

Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga Coffee Morning dan Diskusi dengan Para Pelaku Seni dan Budaya

Payakumbuh ( Sumbar ).Integritasmedia.com
Selasa 01 Februari 2017,bertempat di aula kantor Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh yang berlokasi daerah Ngalau.Dinas pariwisata Kota Payakumbuh melaksanakan coffe Morning dan diskusi dengan para pelaku seni dan pemerhati seni.

Kadis Pariwisata  Dra Elfriza Zamra di tengah didampingi Kabid Kebudayaan Nirdawati S.sos,Kabid Gestinasi Budi Darma Permana serta Sekereatris Aplimadanor)
Kadis Pariwisata Pemuda Olah Raga  Dra.Elfriza Zahara mengatakan bahwa Pemko Payakumbuh akan memperhatikan sepenuhnya serta akan membantu pelestarian seni dan budaya yang ada di Kota Payakumbuh,dan secara bersama-sama pemko dengan pelaku seni dan budaya dalam rangka mambangkikan batang tarandam secara terprogram.

Kadis juga mengharapkan kepada semua pihak yang tergabung dalam dewan kesenian Kota payakumbuh memberitahukan dan menginfentarisir group-group kesenian yang ada di Payakumbuh.Sehingga Pemko akan bisa membuat kalender wisata sehingga akan di ketahui oleh para wisatawan yang akan berkunjung ke Payakumbuh di mana tempat yang akan mereka kunjungi nantinya serta mereka juga bisa melihat seni budaya yang di daerah Kota payakumbuh ini.
Jika telah terinfentarisir group-group seni dan budaya ini,secara tak langsung pemko akan memprogramkan kegaiatan ini sehingga nantinya melalui Dinas pariwisata akan menganggarkan nantinya di APBD Kota payakumbuh .

Dewan Kesenian dan pelaku seni Kota Payakumbuh
Di sayangkan oleh Kadis bahwa selama ini ada group randai yang masih aktif,namun karena tidak terifentarisir maka tidak bisa di tampilkan dalam kalender wisata sehingga akan merugikan kepada kita semuanya.

Dinas pariwisata akan memperhatikan setiap festifal dan lomba yang di adakan oleh pelaku seni ini
Dan Dinas Pariwisata meminta jadwal latihan dan kegiatan  sehingga Dinas Pariwisata bisa meninjau serta bisa melihat secara ;langsung group.sanggar seni yang ada di Kota Payakumbuh.
Pertemuan dengan pelaku seni kota payakumbuh itu membahas tentang aktifitas seni budaya yang berlangsung di kota Payakumbuh. Beberapa masukan dari para pelaku seni dan budaya yang berasal dari  sanggar musik dan tari tradisional , grup randai serta pelaku seni budaya lainnya, didapatkan fakta bahwa iklim seni budaya tradisional di kota Payakumbuh hanya berlangsung sebatas pada iven atau seremonial tertentu saja.

Nel Edwin salah seorang Dewan Kesina Kota Payakumbuh mengatakan  “Seyogyanya dinas terkait bekerja sama dengan pelaku seni yang ada di kota Payakumbuh agar sinergi yang terbentuk akan mampu memberikan efek positif terhadap perkembangan grup grup kesenian tradisional di kota Payakumbuh ”, ulas Nel Edwin.

Dalam acara coffe morning dan Diskusi tersebut di hadiri oleh Ombo Zon Ketua Dewan Kesenian Kota Payakumbuh,serta Edwin Buya,Pelaku seni Dan pemerhati,dan dari Dinas Pariwisata Kadis Dra Elfriza Zahara di damping sekretaris Aplimadanor ,Kabid Kebudayaan Nirdawati S.Sos,Kabid Destinasi Budi Darma Permana S.Sos.(Ant)


About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.