padang

Jadikan Modal Pembangunan, Camat Padang Utara Rangkul Semua Komponen

PADANG.Integritasmedia.com.Tidak dapat dinafikan, peran serta seluruh komponen masyarakat adalah modal dalam mewujudkan keberhasilan program-program pembangunan. Terutama organisasi-organisasi dalam masyarakat seperti Karang Taruna, Badan Koordinasi Majelis Taklim (BKMT) dan Majelis Taklim Indonesia (MTI) serta Kelompok Siaga Bencana (KSB) dan yang lainnya, perlu dirangkul dan diberdayakan.

Keberadaan kelompok masyarakat tersebut disadari oleh Camat Padang Utara Editiawarman sebagai suatu potensi. Semua kelompok dari berbagai latar belakang tersebut diajak duduk bersama dalam pertemuan yang diadakan di aula kantor camat setempat, Kamis (9/2/2017).
"Semua komponen dalam masyarakat harus dirangkul. Selain duduk bersama untuk membahas berbagai permasalahan, kita perlu memfasilitasi kegiatan-kegiatannya dalam rangka pembinaan, "kata Editiwarman disela-sela pertemuan tersebut.

Menurut camat yang juga aktif berorganisasi itu, menyatukan dan menguatkan semua komponen di wilayah kerjanya bukan saja dilakukan sekarang. Namun sudah dilakukan dari awal memimpin Kecamatan Padang Utara. Sehingga semua kepengurusan di tingkat kelurahan seluruh organisasi masyarakat, kepemudaan dan keagamaan hampir semuanya sudah terbentuk.

"Sekarang sudah hampir di semua kelurahan terbentuk kepengurusannya, baik organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan maupun kebencanaan, " ujarnya.
Ia menambahkan, kelompok-kelompok masyarakat itu bersinergi dengan Tim Penggerak PKK dan semua perangkat kecamatan dalam mengusung berbagai kegiatan.

"Dengan demikian pemerintah merasa terbantu dalam menggulirkan program-program pembangunan, "sebut ASN yang sebelumnya menjabat Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Koto Tangah itu.
Ia berharap, kekompakan yang terbangun dari kelompok masyarakat menjadi kekuatan yang akan berdampak pada percepatan pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan sosial.

Sebab, kata Edi, begitu sapaan akrabnya, kelompok-kelompok masyarakat itu akan diberikan juga motivasi dan pembinaan. Motivasi tersebut bisa berupa lomba-lomba antar majelis taklim kelurahan, antar Karang Taruna kelurahan dan sebagainya. Sedangkan untuk pembinaan difasilitasi melalui program-program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.
"Kita harapkan kekompakan semua elemen menjadi kekuatan dalam percepatan pembangunan, "tukasnya.

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.