kota solok

Skala Prioritas Pembangunan Solok Kota Tahun 2017


Pemko Lestarikan Batik Ampang Kualo
Wawako Ir Reinier
Solok Kota (Sumbar).Integritasmedia.com.Wakil Wa­likota Solok,  Reinier Dt.Intan Batuah ST,MT ber­harap dukungan dari seluruh elemen masyarakat maupun elite politik agar Kota Solok mampu sejajar dari berbagai aspek pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya.
Wawako menyebutkan bahwa “Walikota Solok maupun Wakil dan pimpinan SKPD tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan semua pihak.

Pembangunan yang sa­ngat mendesak, lanjutnya, yakni Gelanggang Olahraga (GOR). “Dibeberapa kabu­paten/kota di Sumatera Barat, hanya Kota Solok yang be­lum punya GOR. Nagari-nagari saja di Kabupaten Solok punya lapangan bola kaki. Sedangkan Kota Solok sendiri, hingga saat ini masih belum memiliki lapangan bola kaki yang representatif,” ungkapnya  beberapa waktu lalu
Jika GOR sudah ada di Kota Solok, Reinier meng­inginkan Kota Transito itu bisa pula sebagai tuan rumah Pekan olahraga Propinsi (Por­prov) nantinya. “Hanya saja saat ini kita masih belum siap menjadi tuan rumah Porprov karena fasilitas olahraga kita yang belum lengkap,” ujar­nya.

Selain masalah pem­ba­ngu­nan GOR yang men­desak, Reinier juga mema­parkan tentang pembangunan Rumah Sakit Umum daerah (RSUD). Digagasnya pem­bangunan RSUD itu sebagai wujud dalam pelayanan kese­hatan pada masyarakat. “Me­mang di Kota Solok sudah ada RSUD milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan tipe B, namun pe­ngawasannya masih berada di tingkat provinsi, bukan di Kota Solok. Dalam kegiatan sehari-hari bidang pelayanan hanya lebih banyak koor­dinasi,” paparnya.

Selain pembangunan GOR serta RSUD itu,untuk tahun 2017 ini berbagai program akan kita laksanakan  dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Solok.Sektor pariwisata dan wisata kulinier akan di benahi sebab Kota Solok ini jalur lintas Sumatera Barat menuju daerah Jawa.
Selain itu sector Pariwisata akan di kembangkan  di dareah Lembang yang berada di tengah Kota yang masih alami dan ASRI .Nanti di daerah Lembang itu akan diadakan wisata sungai. memang lokasinya berada di dalam Kota tetapi suasana nantinya seperti di pedesaan,serta rest area untuk hotel juga akan di bangun.Jika sudah ada hotel yang telah  memenuhi standar , maka wisatawan tidak perlu lagi menginap untuk kembali ke Padang maupun di Bukittinggi.Sebab Solok baru ada fasilitas penginapan yang belum memadai yang sesuai dengan standar ,apalagi objek wisata sangat banyak objek wisatanya sepertti danau Singkarak ,Danau di atas danau di bawah dan banyak lagi objek wisata lainnya ,dan Solok mempunyai icont yang sangat akrab di tengan masyarakat yaitu dengan adanya bareh Solok.

Untuk wisata Wisata kulinier kita rangkul masayarakat dalam pengelolaan spesifik makanan Solok dengan adanya Kulinier ikan Bily,seperti mengadakan promosi dan memberikan bantuan untuk UMKM,sertapelatihan  kepada masyarakat.Walaupun secara geografis Danau Singkarak itu berada di Kabupaten,tetapi yang sangat kental orang menyebut ikan billi  Solok.Tinggal lagi bagaimana kita kemas wisatawan akan datang ke Solok  dengan meningkatkan berbagai fasilitas ,terutama penginapan.

Dan baru-baru ini sudah ada peletakan batu pertama hotel  bintang 3 yang bisa digunakan untuk rapat.Dan tinggal bagaimana kita  kemas sedemikian rupa  wisatawan betah nginap  dan ingin berkunjung ke Solok karena berbagai fasilatas telah ada di Kota Solok.Dan dengan sendirinya jika para wisatawan telah banyak berkunjung ke Solok,maka dengan sendirinya ekonomi serta kesejahteraan masyarakat Solok akan meningkat,ujar Wawako Reinier.

Di samping itu dalam tahun 2017  dalam rangka melestarikan batik yang ada di Solok,maka siswa-siswa y,serta PNS ang ada di Kota Solok akan memakai baju batik di hari hari tertentu.karena  selain batik  Jawa di Solok juga ada  batik yaitu batik Ampang Kualo,Dengan melestarikan batik serta di pakai oleh siswa-siswa yang jumlah lebih kurang 24 ribu siswa dan PNS Kota Solok,di perkirakan 70 ribu stel/tahun ,jika dalam setahun tersebut batik di beli 2 kali oleh siswa dan PNS  ,maka dengan sendiriny akan terbuka peluang kerja/usaha sehingga bisa mengurangi angka pengangguran,dan dengan sendirnya peningkatan ekonomi masyarakat juga akan meningkat dengan sendirinya,tukas Reinier.(A)


About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.