pariaman

Wako Mukhlis Rahman serahkan kunci surau tabiang

Kota Pariaman - Integritasmedia.com. Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dan istri Reni Mukhlis, menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus menyerahkan kunci surau, tanda di diresmikannya Surau Tabiang Desa Kampung Gadang Padusunan, Kecamatan Pariaman Timur, jum'at malam 10/2.

Dalam sambutannya wako mengingatkan, kita jangan hanya bermewah-mewahan dan bersemangat gotong royong demi peringatan Maulid Nabi, tetapi yang wajib, yaitu sholat berjamaah dan magrib mengaji tidak kita ikuti, berarti percuma saja kita memperingati maulid nabi, ujarnya.

"Diharapkan seluruh lapisan masyarakat yang ada di desa kampung gadang dan sekitarnya, dapat meramaikan mesjid yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat ini, dengan mengisinya dengan kegiatan sholat berjamaah dan mensukseskan magrib mengaji yang telah pemerintah programkan," tuturnya.
Diceritakan secara singkat tentang sejarah Surau Tabiang ini sudah ada sejak zaman penjajahan jepang, dan sebagai tempat peristirahatan dan ibadah para pedagang yang datang dari arah atas menuju pasar pariaman atau sebaliknya, karena itu surau ini juga dikenal dengan surau musafir, terangnya.

"Pada tahun 2009 ketika gempa melanda, surau ini ikut terkena imbas dengan ambruknya sebagian besar bangunan, dan terbengkalai sejak saat itu. dan ditahun 2014 dimulai untuk membangun kembali dengan sukarela, dan ditahun 2016 kita adakan acara badonjek mulai dari orang rantau sampai ke instansi pemerintahan dan terkumpul dana 107 juta, yang langsung dibangunkan untuk pembangunan Surau Tabiang ini kembali," jelas Mukhlis Rahman yang semasa kecilnya juga sering beribadah di surau ini.

Hadir pada peresmian Surau Tabiang ini kepala SOPD, Camat Pariaman Timur Hendri Chaniago, Kepala Desa Kampung Gadang Amrizal, para ninik mamak, pemuka masyarakat dan ibu-ibu yang hadir dengan membawa jamba. setelah tausiah oleh ustad Dedi Kurniadi, acara dilanjutkan dengan makan bajamba. (ASR)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.