Peran Pemerintah, Orang tua dan Masyarakat Dalam Melindungi Anak-Anak di Utamakan



Kekerasan Terhadap Anak Harus di Tekan Sedini Mungkin.Ujar  Yohanna Yembise

(Buk Mona Istri Bu8pati Pasangkan Songket ke Mentri Yohana)

(Bupati Irpendi Arbi)
LimapuluhKota  (Sumbar),Integritasmedia.com -Mewujudkan Kabupaten layak anak Sebagai bentuk pencegahan kekerasan dan prilaku menyimpang terhadap anak, menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise menggelar komitmen bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota. Selasa (18/4) di aula kantor Bupati, Sarilamak.

Komitmen ini, ditandai dengan diresmikannya 12 Puskesmas Ramah Anak (PRA), 10 Sekolah Ramah Anak (SRA) serta 6 Kecamatan layak Anak dan nagari layak Anak (Kelana). pada peresmian itu masing-masing pihak sepakat mewujudkan komitmen layak anak.

Sepuluh Puskesmas yang berkomitmen itu yakni, Puskesmas Pangkalan, Tanjuang Pati,  Banja Laweh, Mungo, Halaban, Taram, Danguang-danguang, Suliki, Batu Hampar, dan Piladang.

Sedangkan sepuluh sekolah yang menyatakan komitmen yakni, SMAN 1 Kecamatan Harau, SMAN 2 Kecamatan Harau, SMAN 1 Kecamatan Guguak, SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh, SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh, SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh, SMPN 1 Kecamatan Harau, SMPN1 Kecamatan Luak, SMPN 2 Suliki, SDN 1 Sarilamak, SDN 3 Mungo, SDN 4 Andaleh, SDN 1 tanjuang pauh dan SDN 4 Sarilamak. Kedatanganan Menteri Yohana disambut Puluhan siswa dan siswi dari Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA.

Dalam sambutannya, menteri Yohana mengatakan anak-anak di Kabupaten Limapuluh Kota perlu mendapat perlindungan dari berbagai bentuk tindak kekerasan. Begitu juga dengan memperhatikan prilaku anak-anak demi masa depannya.

" Kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia masih tinggi. Untuk itu, diperlukannya peran pemerintah orang tua dan masyarakat dalam melindungi anak-anak hingga terhindar dari kekerasan bahya lainnya"ujar menteri.

Dijelaskannya, semua pihak harus  memperhatikan hak-hak anak anak ini, begitu juga dengan bahaya-bahaya yang akan merusak masa depannya. menurutnya saat ini yang menjadi momok menakutkan bangsa  terhadap perubahan prilaku anak adalah besarnya pengaruh narkoba dan duni teknologi.

" Saat ini,  hampir disetiap daerah di Indonesia beredar barang haram ini. parahnya lagi, dengan kemajuan teknologijuga  memudahkan untuk membuka Vidio porno. Untuk itu, jangan sampai mereka terparuh dengan hal -hal ini " ujarnya.

(Anak -anak Sekolah Hadiri Acara Mentri Yohana )
Kedepan, Yohana juga meminta semua pihak yang menkankan komitmen untuk menciptakan kabupaten Limapuluh Kota layak anak, memberikan fasilitas dan wahana bermain bagi anak-anak ini. " Saya yakin jika Kabupaten ini serius memperjuangkan hak-hak anak bukan tidak mungkin mewujudkan kabupaten layak anak terwujud" Ujarnya. (Bo)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama