Gabungan Mahasiswa Bukittinggi Datangi Gedung DPRD

BUKITTINGGI.(SUMBAR).INTEGRITASMEDIA.COM  - Ratusan Mahasiswa dari gabungan Perguruan Tinggi se-Bukittinggi mengadakan orasi dan longmarch dari Universitas Negeri Padang Belakang Balok menuju Gedung DPRD Kota Bukittinggi, Jumat, (19/5/2017). Kedatangan gabungan mahasiswa ini untuk menyikapi Kondisi bangsa kekinian sekaligus memanfaatkan momentum Hari Kebangkitan nasional.

Kedatangan gabungan mahasiswa itu guna menyampaikan kepeduliannya terhadap bangsa Indonesia yang dinilai makin terpuruk di Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Selain itu, mahasiswa juga menyampaikan lima tuntutan aksi, antara lain "Tolak naiknya harga listrik, tegakkan demokrasi, wujudkan supremasi hukum, stop politisasi dan intervensi agama dan stop represif aparat terhadap aktivis."

Tanggal 20 Mei yang diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional dirayakan oleh seluruh rakyat indonesia khususnya para pelajar dan mahasiswa, tak terkecuali Mahasiswa Bukittinggi yang menyuarakan beberapa tuntutan mahasiswa.

Salah seorang perwakilan Mahasiswa Bukittinggi, Harbendi mengatakan bahwa aksi tersebut berasal dari 19 perguruan tinggi yang ada di Bukittinggi. Pihaknya menjelaskan bahwa tujuan aksi ini adalah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat pada umumnya.

"Kami atas nama mahasiswa Bukittinggi melihat bahwa momen hari kebangkitan nasional adalah momen bagus untuk menilai kinerja pemerintah saat ini. Kami berharap mengingat tuntutan ini adalah aspirasi dari masyarakat luas, sehingga untuk dapat disampaikan kepada Presiden, Pemprov maupun Pemda. Apabila 5 poin tuntutan tersebut dalam waktu satu minggu tidak ditindaklanjuti, maka Mahasiswa Bukittinggi akan menggelar aksi lanjutan dengan massa lebih banyak," tegas Ketua BEM IAIN Bukittinggi tersebut.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan bahwa keadailan tidak ditegakkan secara tegas lagi. Selain itu, penegakan hukum cenderung terlihat memandang bulu. Hukum sangat mudah diperjualbelikan bagi kalangan atas dan sangat sulit untuk ditegakkan bagi kalangan bawah.

Dalam aksinya, mahasiswa disambut langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Bukittinggi, Rusdy Nurman. Sebagai perwakilan DPRD, Rusdy mengapresiasi semangat kebangkitan nasional yang dilakukan oleh generasi penerus bangsa, yaitu mahasiswa.

Di akhir sambutannya, Rusdy menegaskan bahwa DPRD sebagai penyambung aspirasi akan menyampaikan aspirasi mahasiswa melalui proses dan tahapan yang berjenjang, baik pada pemerintah daerah maupun provinsi, ucap Rusdy Nurman.(Asr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama