Jalur KA di Bukittinggi Akan di Aktifksan , PT KAI Gelar Sosialisasi Pengosongan Lahan

BUKITTINGGI. (SUMBAR).INTEGRITASMEDIA.COM - PT. KAI (Persero) divisi regional II Sumatera Barat mengadakan sosialisasi di halaman stasiun kereta api lama kota Bukittinggi, Jumat (5/5/2017), kepada masyarakat sebanyak 86 debitur atau warga yang menempati tanah milik PT KAI yang berada dikawasan Stasiun Bukittinggi, hal tersebut dilakukan PT.KAI sebagai tindak lanjut rencana Pemerintah akan mengaktifkan kembali jalur kereta api dari Padang-Bukittinggi-Payakumbuh.

Kehadiran di tengah masyarakat penghuni di jalur kereta api adalah sebagai tindaklanjut dari rencana pengaktifan jalur kereta api untuk masuk ke wilayah kota Bukittinggi dan sekitarnya. Dalam sosialisasi ini, Kepala Humas PT.KAI Zainir menjelaskan kepada masyarakat terkait pengaktifan tersebut.

Dalam keterangannya kepada Minangkabaunews.com, Zainir mengatakan, sosialisasi dilakukan guna memberikan informasi, manfaat, dan tujuan serta pengertian terkait rencana pemerintah untuk mengaktifkan jalur kerata api (reaktivasi) termasuk stasiun Bukittinggi.

"Kami sebagai pelaksana transportasi kereta api, meminta pengertian dari masyarakat, stasiun dan jalur kereta akan diaktifkan kembali. Ini bertujuan untuk mendukung pariwisata dari segi transportasinya," ujarnya.

Menurut rencana semula awal bulan Ramadhan ini, PT.KAI meminta kepada masyarakat agar bangunan di atas aset PT KAI sudah kosong. Namun, pihak regional II Sumbar meminta ke pusat agar ditunda hingga setelah lebaran, maksimal 1 Agustus 2017.

"Kami mengerti dengan apa yang masyatakat rasakan. Untuk itu, kami meminta penundaan kepada pusat agar ditunda hingga setelah lebaran. Kami mohon juga kepada masyarakat untuk mendukung upaya program pemerintah ini," jelasnya.

Sementara itu salah seorang warga menyampaikan, setuju dengan rencana ini namun meminta waktu untuk proses pindah. Karena surat baru yang disampaikan 1 bulan terakhir, bahkan dijelaskan juga ada beberapa masyarakat yang telah membayar sewa hingga Desember 2017.

Walikota Bukittinggi, H.M. Ramlan Nurmatias beberapa waku lalu ketika menyampaikan kepada awak media, menyambut positif pengaktifan kembali jalur kereta di Bukittinggi. Sebagai Pemerintah Kota Bukittinggi, pihaknya mendukung seratus persen kiat serta rencana PT KAI itu, demi pengembangan kota Bukittinggi termasuk bidang pariwisata.

Setelah melalui berbagai pertimbangan dengan kepadatan serta jumlah kunjungan wisatawan ke Kota ini. Pihaknya juga mempunyai ide cemerlang agar tidak terjadi hal yang membuat Kota wisata ini sembraut, yakninya jalur udara (elevated train).

Alhasil, permintaan Ramlan Nurmatias disetujui. Menurut Dia, jika diaktifkan jalur sekarang ini, diduga akan menimbulkan kecelakaan diberbagai pintu. Selain itu, Bukittinggi juga memiliki banyak persimpangan yang melewati rel kereta api.

"Sisi baiknya untuk Bukittinggi ada juga, jika jalur udara maka jalur sekarang bisa dimanfaatkan dengan pembuatan taman yang menambah keindahan Kota wisata ini, serta kita juga bisa menjadikannya sebagai lahan parkir. Keuntungan besar bagi Bukittinggi jika rel ini aktif sehingga mengurangi kemacetan," tukas Ramlan.(Asr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama