payakumbuh

MENPANRB Asman Abnur Ajak Payakumbuh Ciptakan Program Prioritas Prestasi Lebih Baik

Payakumbuh (Sumbar).Integritasmedia.com - Kunjungan Menpan yang mengikutsertakan Staf Ahli Menpan, Shadiq Pasadigoe dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Guspardi Gaus, disambut oleh Walikota Payakumbuh, H. Riza Falepi, Sekretaris Daerah Benni Warlis, Asisten I, II, III, seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Riza Falepi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menpan beserta rombongannya ke Payakumbuh.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Menteri yang telah bersedia hadir dan berkunjung ke Payakumbuh,” sambut Walikota Riza.

Selanjutnya Walikota menyampaikan bahwa Payakumbuh adalah kota yang saat ini terus berbenah dan berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam berjalannya waktu Payakumbuh terus berbenah dalam berbagai aspek, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Hal itu saat ini, terbukti dengan diraihnya predikat B atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Kota Payakumbuh, pada tahun 2016 lalu”, sebut Walikota.

Dan untuk selanjutnya kami ingin meraih prestasi lebih baik lagi. “Kami berharap tahun ini dan seterusnya dapat meraih predikat A, untuk itu kami mohon petunjuk dari Bapak Menteri tentang kiat bagaimana  kami dapat meningkatkan lagi pelayanan terhadap masyarakat Kota Payakumbuh”, harap Wako Riza

Sementara itu, Menpan Asman Abnur dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait pelayanan publik, efisiensi penggunaan anggaran, efektifitas penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan penerapan sistim e-Government untuk mendukung kinerja pemerintahan.

Menurut Menpan, ASN tidak lagi dilayani oleh masyarakat namun sebaliknya. “ASN adalah pelayan bagi masyarakat, tidak zamannya lagi ASN itu dilayani masyarakat dan bersikap arogan.

ASN nantinya adalah motor dan sekaligus orang yang menentukan maju atau tidaknya bangsa ini. Untuk itu penempatan ASN harus sesuai dengan keahlian dan kemampuannya serta memiliki kinerja yang baik.

Untuk itu Kementerian PAN-RB fokus dalam melakukan perbaikan performance atas laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah,” terang Menpan-RB Asman Abnur.

Ditambahkan Asman Abnur maju mundurnya sebuah negara itu sangat ditentukan oleh kinerja dari ASN itu sendiri. “Negara tetangga kita seperti Singapura, Australia, dan Jepang maju karena kinerja ASN mereka sangat baik kinerjanya dan berfikir inovasi.

Untuk itu akuntabilitas sangat penting, makanya setiap OPD itu harus punya program yang jelas dan target yang benar-benar terukur”,ujar Asman Abnur.

Menpan menginformasikan bahwa tahun lalu, ada tiga Kementerian, tiga Provinsi dan dua Kota yang memperoleh predikat A dalam pelayanan publik. Kota Payakumbuh hanya butuh dua langkah lagi, dari predikat B ke BB menuju predikat A, predikat pelayanan publik terbaik di Indonesia.

Selain terkait masalah efisiensi anggaran, Menpan menegaskan agar pemerintah daerah fokus dalam mengelola antara program dan kegiatan. “Dalam melaksanakan program dan kegiatan perlu diperhatikan agar efisiensi anggaran dapat dicapai sehingga kinerja dapat diukur, dan tidak ada lagi program kegiatan yang berjalan tanpa capaian hasil yang jelas.

Dan Saya yakin bila Payakumbuh mampu menciptakan program prioritas dan melaksanakan efesiensi serta serapan anggaran yang jelas dan terukur maka kota ini akan mampu berprestasi dan bersanding dengan kabupaten kota yang meraih predikat A”, jelas Menpan Asman Abnur.

Dipenghujung sambutannya Asman Abnur memberikan selamat kepada Payakumbuh yang berhasil masuk 99 Top Pelayanan Publik Nasional. “Selamat untuk Payakumbuh yang berhasil masuk 99 Top Pelayanan Publik Nasional dan Saya mendoakan Payakumbuh berhasil masuk pula menuju 40 besar Top Pelayanan Publik tahun ini”, pungkas Menpan.

Diakhir acara Walikota Payakumbuh Riza Falepi menyerahkan cenderamata kepada Menteri PAN-RB Asman Abnur dan foto bersama.(A)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.