limapuluhkota

Tim I Safari Ramadhan Kunjungi Berbagai Mesjid

(Bupati Irpendi Arbi dengan Asyraf serta Masyarakat dalam TSR )
Warga Kadukan Jalan dan Irigasi Rusak

Limapuluh Kota (Sumbar).Integritasmedia.com - Kondisi jalan ke Kenagarian Piobang Kecamatan Payakumbuh semakin parah. Bahkan hampir separoh badan jalan ruas Kotobaru Simalanggang-Piobang ini berlobang dan senantiasa tergenang serta berlumpur.
 
Selain itu, warga juga mengadukan saluran irigasi yang ada di sisi jalan utama ke nagari ini juga sudah banyak runtuh, serta menyampaikan sebagian penduduk Piobang yang belum mendapatkan BPJS kesehatan.
 
Aspirasi tersebut disampaikan warga di hadapan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi saat memimpin tim safari Ramadhan di Masjid Raya Piobang, Minggu (29/5).
 
“Kami sangat berharap agar jalan ke nagari kami ini mendapatkan perbaikan. Sebab, kini kondisinya benar-benar sudah terbilang parah,” ungkap Afrizal (55) salah seorang warga kepada bupati.
Sementara warga kesehatan dari BPJS. Ia berharap ini menjadi perhatian serius pihak terkait Pemkab Limapuluh Kota.
 
Menanggapi beragam aspirasi warga itu Bupati Irfendi menyarankan nagari memasukan usulan perbaikan jalan dan irigasi itu ke dalam Musrenbang untuk berikutnya diferivikasi di tingkat kecamatan dan kabupaten. Sementara terkait dengan warga miskin yang belum mendapatkan BPJS kesehatan, Irfendi meminta pemerintah nagari segera membentuk tim yang terdiri dari wali nagari, sekretaris nagari, kepala jorong dan Bidan Desa serta Bamus nagari.
 
“Untuk perbaikan jalan dan irigasi itu, silahkan lakukan musyawarah dan usulkan ke dalam Musrenbang. Sedangkan menyikapi warga miskin yang belum masuk BPSJ, silahkan bentuk tim dan ajukan nama-nama warga miskin yang patut dan layak masuk BPJS itu ke dinas terkait,” papar Irfendi.
 
Lebih jauh Irfendi menegaskan masalah pendidikan salahsatu prioritas Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. Baginya tidak ada alasan putus sekolah, termasuk bagi anak dari keluarga miskin.
“Saya tidak mau mendengar ada anak kita yang tidak sekolah karena alasan tidak ada biaya. Bila ada, silahkan lapor kepada saya,” ujar Irfendi.
 
(Wartawan yang ikut TSR)
Dalam kesempatan itu Irfendi juga menyerahkan bantuan dana bagi Masjid Raya Piobang sebesar Rp10 juta, serta menyalurkan bantuan bagi fakir miskin dari Baznas sebesar Rp1 juta untuk dua orang warga nagari setempat.

Kendala Biaya Kuliah Dendi Terjawab 

Kehadiran Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam safari Ramadhan di Masjid Al Hidayah Dusun Padang Koto Gaek Jorong Balai Talang Kenagarian Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak, Jumat (2/6), betul-betul mendatang kegembiraan bagi masyarakat setempat

Sebab, dalam pertemuan itu masyarakat tidak saja mendapatkan jawaban tentang persoalan jalan di jorong yang sudah rusak parah, namun juga solusi bagi Dendi (18) salah seorang anak keluarga miskin yang terkendala biaya untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.
Lebih menggembirakannya, malam itu juga Dendi langsung mendapatkan jawan dari Ketua Basnaz  Desembri P Chaniago untuk segera menyalurkan bantuan pendaftaran kuliah bagi putera pasangan Aditiwarman (60) dan Wilda Usnarianti (50) itu.
 
“Untuk biaya pendaftaran silahkan jemput langsung ke kantor Baznas, Senin besok (hari ini red)”, ujar Desembri yang disambut kalimat Alhamdulillah dari para jemaah masjid malam itu.
 
Sebelumnya Irfendi menegaskan, ia tidak mau ada anak pintar dari keluarga miskin di daerah ini yang tidak sekolah gara-gara tidak memiliki biaya. Semua pihak, katanya, harus peduli dengan warga yang kurang beruntung secara ekonomi tersebut. Caranya tidak saja dengan menyalurkan bantuan dari pemerintah daerah, namun juga bisa dari Baznas, masyarakat yang mempunyai ekonomi lebih baik serta dari berbagai pihak lainnya.
 
Selain pihak pemerintah dan lembaga lainnya, Irfendi juga mengajak kepedulian warga sekitar terhadap lingkungannya. Ia tidak ingin mendengar ada warga yang tidak makan atau tidak sekolah karena tidak ada uang.
“Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan serta kepedulian dengan sesama,” ajak Irfendi.
          
Sebelumnya dalam dialog pada safari Ramadhan itu, warga Jorong Balai Talang mengadukan kondisi jalan di kampungnya yang sudah rusak parah dan mengharapkan bantuan bagi seorang tamatan SLTA yang terkendala biaya untuk melanjutkan pendidikannya ke IAIN.
.    
 Tim I safari Ramadhan Pemkab Limapuluh  Kota terdiri dari Irpendi Arbi Bupati,Afrizal hadi Ketua Pengadilan tanjung pati,Ir Priyadi Budiman kadis Peternakan dan Keswan,Yuliasmen Sekretaris badan Keuanagn,Widya Putra Kepala BPPP,Yunire Yunirman kadis Pu,Tien Septino Kadis Kesehatan,Eki Purnama Sekretaris Dinas tanaman pangan dan Holtikultura,Ramzah Husmen Kepala kamenag Limapuluh Kota,Desembri Kepala baznaz Limapuluh kota dan wartawan Integritas Anbtoni Surya Roza dll.(Ant)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.