padang

Libur ke Bungus, Ada Air Terjun yang Cantik Lho!

PADANG - Air terjun Tujuah Tingkek di Desa Timbalun, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat banyak dikunjungi warga untuk mengisi libur hari keempat libur Lebaran 1438 Hijriah.

Air terjun tingkat pertama mencapai 14 meter dengan debit air sangat deras. Air terjun tingkat kedua ketinggiannya mencapai 10 meter dengan kecuraman sekitar 90 derajat. Warga dari sekitar Kota Padang bahkan dari luar, pada hari kedua perayaan Idul Fitri mulai memadati objek wisata air terjun ini.

Meskipun mereka harus berjalan kaki untuk menuju kelokasi air terjun, namun mereka tetap semangat. Kebanyakan dari warga yang datang hanya cukup sampai di daerah irigasi saja, pasalnya untuk menuju kelokasi air terjun cukup menyita waktu dan harus melalui perkebunan.

Warga yang datang sudah cukup puas menikmati bersihnya air di wilayah perbukitan?Untuk masuk lokasi air terjun tidak dipungut bayaran,? kata Santi, seorang warga Bungus, Rabu. Hal itu pula yang menjadi pilihan warga, sehingga tak memerlukan biaya masuk lokasi wisata air terjun yang masih asri itu.

Air Terjun Tujuh Tingkat Timbalun merupakan wisata alam yang belum tersentuh glamour hedonisme kota. Air terjun ini terletak di Kampung Timbalun, Bungus timur dan hanya berjarak sekira 15 kilometer dari pusat Kota Padang.

Air terjun tujuh tingkat ini masih sangat alami akses jalan yang belum bagus bagi penikmat pemandangan alam, tidak bisa ditempuh dengan motor apalagi dengan mobil, harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer dengan menyeberangi dua anak sungai dan melewati pematang sawah sejauh 1 kilometer. kemudian mendaki bukit Timbalun yang dipenuhi pohon karet sambil menikmati suasana hutan pohon yang rindang.

Air yang dingin serta hembusan angin yang cukup kencang timbul dari derasnya air terjun yang mengalir ini membuat jiwa dan raga seolah menyatu dengan alam. Bahkan melihat airnya saja rasanya sangat sulit untuk menahan diri masuk atau menceburkan diri ke dalamnya.

Namun, pengunjung dibatasi untuk tidak berenang atau bermain air terlalu dekat karena bahaya yang dapat ditimbulkan dari derasnya air terjun.

Air Terjun tujuh tingkat ini dibuka setiap hari bagi siapapun tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis, anda tertarik silahkan kunjungi Aia Tajun Timbalun.

Selain air terjun timbalun, Bungus juga menyimpan potensi pariwisata air terjun yang memukau salahsatunga air terjun Lubuk Hitam yang terletak di Cindakir, Bungus Utara, Padang. Warga Bungus, Andam mengatakan Karena tanahnya berwarna hitam maka itu diberi nama Air Terjun Lubuk Hitam

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.