Ferizal : Tokoh Tempo Lalu Sampaikan Pesan Lewat Puisi

Limapuluh Koto (Sumbar ).Integritasmedia.com -     Puisi adalah rangkaian kalimat yang tersusun penuh makna dan sarat pesan moral yang tersusun dalam kalimat dengan rangkaian kata yang indah.  Sebagian pesan-pesan dan semangat juang kemerdekaan republik ini, berasal dari kalimat dan kata-kata puisi.
  
Demikian Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan dalam sambutannya ketika membuka secara resmi work shop baca puisi tingkat SLTA se-Kabupaten Limapuluh Kota di gedung Sago Bungsu, Kamis kemaren.

“Hakikatnya puisi itu adalah lontaran kalimat dari hati sebagai wujud syukur. Unsur seni budaya atau karya sastera itu harus terus dilestarikan dan dikembangkan. Karenanya, kita sangat mendukung kegiatan work shop baca puisi ini agar siswa di Kabupaten Limapuluh Kota benar-benar mampu meningkatkan  kemampuannya dalam membaca dan memaknai puisi,” ungkap Ferizal.

Dikatakan Ferizal, tempo lalu banyak tokoh yang sukses berdakwah dengan puisi, terutama para tokoh yang berasal dari kawasan timur termasuk dari Minang Kabau. Bahkan orang Minang Kabau cukup dikenal berkomunikasi dengan kata-kata kiasan, pantun dan kalimat-kalimat puisi.

“Dari sederet tokoh pejuang di republik ini, umumnya mereka sukses menyebarluaskan pesan-pesannya melalui kata-kata puisi. Kita berharap acara ini bisa menjadi ajang menyalurkan dan mengembangkan bakat generasi muda agar mereka juga mahir berpuisi seperti para tokoh terdahulu,” ujar  Ferizal yang akrab disapa Buya.

Menurutnya, sebagian semangat juang yang digelorakan para tokoh buat kemerdekaan republik ini, berasal dari pesan-pesan puisi. Salahsatu pesan tersebut adalah kalimat “bangunlah jiwanya, bangunlah badannya” seperti yang ada dalam bait lagu Indonesia Raya. Atau kalimat-kalimat puisi Tan Malaka seperti “Merdeka 100 Persen” yang masih relevan hingga saat ini.  Begitu pula dengan puisi Safrudin Prawira negara yang m

 Lebih lanjut Ferizal berharap pelaksanaan work shop ini dilakukan di tempat-tempat yang lebih bermakna dan bersejarah seperti di rumah sastrawan Khairil Anwar  atau pahlawan Tan Malaka.

“Kalau dilaksanakan di rumah Khairil Anwar, kita berharap pesertanya lebih terinspirasi, lebih menjiwai dan mengenal siapa itu Khairil Anwar, begitu juga dengan Tan Malaka dan tokoh-tokoh lainnya yang ada di daerah ini,” papar Ferizal.

Dalam kesempatan itu Ferizal juga meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tidak hanya menyimpan atau mengarsipkan buku-buku, melainkan membuat inovasi agar buku-buku itu dibaca dan diminati generasi terutama kalangan siswa.

Sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Radimas, S.Pd dalam laporannya menyebut, kegiatan yang diikuti oleh 50 siswa asal 25 SLTA di daerah ini antara lain bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, menumbuhkembangkan kegemaran membaca, menarik minat baca siswa terhadap karya sastra. Selain itu juga buat mengenalkan karya penyair-penyair Indonesia khususnya penyair dari Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, serta untuk mengasah keterampilan  siswa membaca puisi dan karya sastera.

Sedangkan materi work shop berupa cara membaca puisi yang baik dan sesuai ketentuan membaca puisi.
Ikut hadir dalam acara itu Kabag Humas dan Pemberitaan Setkab Limapuluh Kota H Joni Amir, S.Sos. (S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama