Wabup: Kegiatan Kepramukaan Hindari Kaum Muda dari Masalah Sosial

Peringati Hari Pramuka ke-56
Limapuluhkota (Sumbar).Integritasmedia.com - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bersama dengan kwartir cabang pramuka setempat, menggelar upacara Perngatan Hari Pramuka ke 56. Kegiatan dilakukan di Halaman kantor Camat Harau, Tanjung Pati, , Senin(14/8).

Bertindak sebagai inspektur upacara wakil bupati, Ferizal Ridwan, dihadiri Camat Harau, Deki Usman, Ketua pembina pramuka, Zulhikmi Dt Rajo Suaro beserta anggota, serta puluhan anggota pramuka dari sekolah se Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam sambuatan wakil bupati, Ferizal Ridwan mengatakan dengan momen peringatan hari pramuka dapat membulatkan tekad untuk lebih memacu perkembangan gerekan pramuka di Kabupaten Limapuluh Kota. Menurutnya, saat ini peranan gerakan pramukadalam pembinanaan kaum muda di tanah air sangatlah penting.

"Maraknya Kenakalan remaja, penggunaan obat terlarang, hubungan seksual diluar nikah, perkelahian remaja serta berbagai modus-modus kejahatan saat ini. akan mengiring generasi muda kepada kondisi yang menghancurkan. Disinilah peranan geraakan pramuka sebagai wadah pembentuk prilaku yang positif sangat menentukan,"ujarnya.

Dengan aktif mengikuti kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan secara menarik, menantang dan edukatif, inovatif dan rekreatif kaum muda tidak hanya terhindar dari pelbagai masalah sosial juga dapat berperan aktif dalam turut mencegah tersebar luasnya masalah sosial di kalangan kaum muda.

Lebih lanjut, ferizal menuturkan masalah bangsa dan bernegara dikalangan kaum muda menjadi hal yang sangat perioritas saat ini, hal itu dibuktikan dengan melemahnya semengat kebangsaan, longar dan rapuhnya ikatan persatuan dan kesatuan bangsa, serta minimnya tekad bela negara. "Salah satu contoh, saat ini para pemuda kita banyak yang tidak lagi mengenal para pejuang negeri dan bangsanya,"tambahnya.

Dikatakannya, gerakan pramuka dalam membina kaum muda sangat signifikan kaitannya dengan penanaman semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan indonesia, melalui  keterlibatan secara aktif dalam berbagai kegiatan kepramukaan akan dapat dibentuk kaum muda yang tidak hanya memiliki semangat kebangsaan yang tinggi, tetapi juga tekad bela negara yang mantap.

"Dalam semangat kebersamaan tersebut sungguh sangat tepat  tema peringatan hari pramuka tahun ini, bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa, dengan demikian kita berharap dan berusaha secara maksimal  mulai dari gugus depan sebagai ujung tombak pembinaan kau muda, sehingga upaya ini dapat mengahasilkan kaum muda yang tinggi semangat kebangsaannya,"ungkapnya.

Melalui Peringatan Pramuka ke 56 ini, Ferizal Ridwan mengajak untuk bersungguh-sunguh menyelenggarakan pendidikan nilai dalam rangka pembentukan karakter, watak, kepribadian dan pekerti kaum muda dan bersungguh-sungguh dalam menyelenggarakan pendidikan kecekapan hidup bagi kaum muda indonesia.

"Sesungguhnya mengikuti pendidikan formal saja disekolah tidaklah cukup. karena itulah, kami mengajak  kaum muda untuk segera bergabung serta aktif pada berbagai organisasi salah satunya gerakan Pramuka,"Pungkasnya.(S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama