limapuluhkota

BPBD Lima Puluh Kota Lepas Relawan KSB ke Jambore PRB IV


Limapuluhkota,Integritasmedia.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Lima Puluh Kota, melepas 17 orang Kelompok Siaga Bencana (KSB) ke nagari Tiku Selatan, kecamatan Tanjung Mutiara, kabupupaten Agam, guna mengikuti Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB) IV tingkat Provinsi Sumatera Barat, Senin (25/9).

Dalam kesempatan itu, Plt Kalak BPBD Lima Puluh Kota Hendri Yoni, diwakili sekretaris Nur Akmal dan Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL) Rahmadinol, mengharapkan kepada KSB Lima Puluh Kota yang diutus sebanyak 13 orang ditambah 2 orang pendamping dan 2 orang koordinator untuk dapat menjaga kesehatan.

Kemudian, kata Nur Akmal agar KSB Lima Puluh Kota juga bisa menunjukan kemampuannya dalam mengurangi resiko bencana dan melindungi masyarakat dari dampak bencana yang besar. Jambore PRB IV tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 dengan tema “Masyarakat Siaga, Kurangi Resiko Bencana” ini benar-benar diikuti dengan baik.

Mengingat Jambore PRB ini sangat penting, disamping menambah pengalaman dan pengetahuan, maka perlu dilakukan upaya PRB berbasis komunitas melalui peningkatan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan bencana yang dapat diwujudkan, salah satunya dalam bentuk Jambore PRB bagi KSB nagari/kelurahan.

“Untuk itu, selamat jalan kami ucapakan kepada KSB Lima Puluh Kota, dan diharapkan dapat menjaga nama baik daerah dan pulangnya dengan selamat serta dapat memperoleh beragam prestasi, seperti tahun-tahun lalu, “ujar Nur Akmal.

Sementara itu, Kabid KL Rahmadinol juga berpesan, agar KSB Lima Puluh Kota yang diutus mengikuti Jambore PRB IV di Tiku kabupaten Agam tahun 2017 ini, benar-benar mampu menimba ilmu, kemudian mampu pula menunjukan prestasinya.

“Kegiatan Jambore PRB IV ini, diikuti peserta selama 5 hari terhitung 25-29/9, kepada peserta, diharapkan untuk selalu kompak dengan satu komando. Kemudian, sekembalinya dari lapangan agar membuat laporan kepada pimpinan, “ujar Nonon nama akrap Rahmadinol.

Terpisah, sekretaris darah Provinsi Sumatera Barat H. Ali Asmar, lewat suratnya bernomor 360/837/BPBD-PK/2017 tanggal 15 September 2017, menyebutkan, kegiatan Jambore PRB IV tahun 2017 ini, dihadiri seluruh kepala daerah, pada waktu pembukaan (26/9) esok.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, BPBD Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan BPBD kabupaten Agam dan LSM. Kegiatan ini, selain diikikuti perwakilan relawan KSB, juga dihadiri Tagana dan Sibat kabupaten/kota se Sumatera Barat, “tulis Ali Asmar.

Perwakilan relawan KSB Lima Puluh Kota diantaranya, Pika, Andriko, Joni Tiawarman, Syafrizal, Silvi Anggaini, Eki Wahyudi, Agib Muajirn, Armansyah R, Devison, Indra Harifman, Novira Elvita, Syahril Vualzi dan Tarmizi. Budi Iskandar dan Boy Afrinto (pendamping), Refrizal dan Afrizal (koordinator).(S)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.