payakumbuh

Peringatan Hari Guru Nasional ke-72 MENDIKBUD : MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KETELADANAN GURU

Payakumbuh,Integritasmedia.com - Marilah kita syukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa, dengan tekad untuk bersama bekerja keras mewujudkan dunia pendidikan yang berkemajuan melalui keteladanan guru-guru kita.

Guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah piker, dan olah raga.

Pidato sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang dibacakan Walikota Payakumbuh, yang diwakili Asisten II, Amriul, Dt. Karayiang pada upacara peringatan Hari Guru ke-72 tahun 2017 di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang, Sabtu (25/11) pagi.

Didepan ribuan guru se Payakumbuh, Asisten II, Amriul melanjutkan bahwa guru dan tenaga kependidikan harus mampu mengelola antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat dalam mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

“Penguatan karakter ini semakin mendesak seiring dengan tantangan berat yang kita hadapi di masa-masa akan datang. Peserta didik saat ini adalah calon Generasi Emas Indonesia tahun 2045 yang harus memiliki bekal jiwa Pancasila dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat dan tak terduga, “ baca Asisten II Amriul.

Menurut Amriul, momentum Hari Guru Nasional hendaknya bisa dijadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Dan begitu pula sebaliknya, apakah kita telah memuliakan mereka. Tak ada seorangpun yang sukses tanpa melalui sentuhan guru.

Diakhir pidato sambutan Mendikbud itu, Amriul membacakan bahwa secara konstitusional bahwa mendidika adalah tugas Negara, tetapi secara moral adalah tanggung jawab kita bersama.

“Akhirnya, mari kita kobarkan semangat menjadi guru teladan bagi anak-anak kita,” pungkas Amriul yang membacakan sambutan Menteri Muhajjir Efendi tersebut .
 
Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2017 yang ke-72 mengangkat tema Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru.(A)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.