Sebagai Kota Pengelola Pendidikan Terbaik di Sumbar, Erwin Yunaz : Payakumbuh Harus Siap Hadapi Tantangan Besar

Payakumbuh.Integritasmedia.com - Sebagai daerah yang meraih prediket pengelola pendidikan terbaik di Sumatera Barat, Payakumbuh tentu terus berbenah dalam menjaga dan meningkatkan kualitas dunia pendidik di daerah ini. Hal-hal yang bisa mengganggu proses tersebut baik dari hambatan internal maupun gangguan dari pengaruh luar harus diminimalisir.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota, Erwin Yunaz saat membuka kegiatan seminar pendidikan sekaligus pelantikan pengurus Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) kota Payakumbuh Periode 2017-2022 di Aula Lantai III Balaikota, di Bukik Sibaluik, Senin (20/11).

Dikatakan Wawako Erwin, prestasi membanggakan dibawah kepemimpinan Walikota Riza Falepi di bidang pengelola pendidikan ini, menjadi tantangan yang besar bagi kita untuk mempertahankannya jangan sampai kualitas pendidikan menjadi merosot.

“Prestasi yang sangat membanggakan dibawah kepemimpinan Bapak Riza Falepi ini, menjadi tantangan yang besar bagi kita untuk mempertahankannya jangan sampai kualitas pendidikan menjadi merosot,” kata Wawako Erwin.

Menurut Wawako Erwin dunia pendidikan harus siap menghadapi tantangan tersebut. Berbagai gangguan bisa saja datang kapan pun untuk merusaknya. Diantara gangguan itu seperti peredaran narkoba yang telah masuk ke seluruh level masyarakat, pergaulan bebas di kalangan anak muda, dan efek negatif media sosial yang terlalu mudah mempengaruhi masyarakat saat ini.

Wawako Erwin menambahkan, dengan filosofi adat masyarakat di Minangkabau semesti hal-hal negatif tersebut dapat kita hindari dan minimalisir.  Peran aktif orang tua, masyarakat dan eleman lainnya harus saling bersinergi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan melindungi pendidikan kita dari gangguan dan hambatan yang ada.

“Terlebih kita ketahui, dengan adanya filosofi masyarakat Minangkabau serta banyaknya para pemikir dan cendekiawan, kita berharap kualitas pendidikan tetap bisa kita tingkatkan. Peran aktif orang tua, masyarakat dan eleman lainnya harus saling bersinergi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan melindungi pendidikan kita dari gangguan dan hambatan yang ada, “ terang Wawako Erwin.
Untuk itu lanjut Erwin Yunaz dengan dilantiknya pengurus BMPS Payakumbuh yang baru, dapat saling bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Payakumbuh.

“Selamat kepada pengurus BMPS Payakumbuh yang baru saja dilantik. Mari bersama-sama kita tingkatkan prestasi pendidikan di Payakumbuh sekaligus untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, “ ujar Erwin mengakhiri.

Sejalan dengan Wakil Walikota. Ketua DPRD Yb. Dt. Parmato Alam yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, juga mengharapkan kerjasama dan sinergitas yang baik anatar sekolah-sekolah swasta dengan pemerintah kota Payakumbuh.

“ Peraturan tentang pendidikan di Payakumbuh sudah tertuang dalam Perda No. 1 Tahun 2017. Ada beberapa aspek yang ditekankan dalam Perda tersebut, diantaranya, bagaimana pendidikan di kota Payakumbuh baik negeri maupun swasta saling bersinergi dalam memajukan pendidikan yang berkualitas di kota Payakumbuh dan menjunjung tinggi pendidikan karakter di masing-masing sekolah, sehingga antara intelektual dan akhlak anak menjadi seimbang” kata Yb. Dt. Parmato Alam.

Sementara itu, Amir selaku panitia pelaksana kegiatan tersebut melaporkan bahwa kegiatan seminar pendidikan yang bertema “ Memperkokoh Budaya Literasi Guru dan Peserta Didik di Era Digital” tersebut diikuti oleh 100 orang guru.

“ Seminar pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan atau meng-upgrade kemampuan komunikasi antara guru dan peserta didik di era digital. Peserta dalam seminar ini sebanyak 100 orang yang merupakan utusan masing-masing 4-5 orang dari setiap sekolah swasta yang ada di Payakumbuh. Sedangkan narasumber dalah seorang psikolog, pakar anak dan dosen komunikasi UNAND, Alfis” kata Amir.
Pengurus BMPS kota Payakumbuh Periode 2017-2022 diketuai oleh Ultra S.Pd, Sekretaris H. Zulrefri dan bendahara H. Afriwan dan bererapa bidang lainnya.
Delian dihadiri Wakil Walikota, Erwin Yunaz dan Ketua DPRD, Yb. Dt. Parmato Alam, turut hadir dalam kegiatan tersebut ketua BMPS Prov. Sumatera Barat, H. Irwandi Yusuf beserta rombongan, kepala kantor Kementerian Agama, Asra Faber, dewan pendidikan, kepala-kepala sekolah dan guru sekolah swasta di Payakumbuh, hadirin dan undangan lainnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama