limapuluhkota

Operasi Keselamatan 2018 Dalam Rangka Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

(Kasat Lantas AKP Dwi Yulianto SiK )
Limapuluh Kota,Integritasmedia.com - Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kabupaten Limapuluh melaksanakan operasi keselamatan 2018 yang dilaksanakan dari 05 S/D 25 Maret 2018 dijajaran wilayah hukum Polres Limapuluhkota .

Kapolres  LImapuluh Kota AKBP Haris Hadis  melalui Kasat Lantas AKP Dwi Yulianto SiK yang di dampingi Baur SIM AIPTU Yulsevendes  mengatan bahwa dalam operasi keselamatan 2018 ini ini kita lebih mengedepankan tindakan preventif.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam oprasi keselamatan ini lebih ditekan kepada fungsi berlalu lintas dengan cara himbauan kepada masyarakat pengguna jalan bagaimana pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas di jalan raya dan diharapkan dengan operasi keselamatan ini bisa  menekan angka kecelakaan lalu lintas. Kegiatan operasi Keselamatan 2018 ini mengedepankan tindakan preventif, lebih bersifat imbauan, teguran yang bersifat simpatik itu yang kita utamakan," ungkap AKP Dwi Yulianto SIK kepada media beberapa waktu lalu.

 Namun, meski lebih menekankan tindakan preventif dan teguran, petugas tetap akan memberikan tindakan tegas dengan tilang apabila pengendara melakukan pelanggaran.Khususnya pelanggaran yang berpotensi menyebabkan fatalitas kecelakaan.

"Memang yang kita kedepankan dalam operasi keselamatan ini adalah tindakan preventif berupa teguran atau imbauan.Tapi pelanggaran yang berpotensi fatalitas kecelakaan lalulintas, tetap kita tindak tegas.
Misal pengendara motor tak pakai helm, melawan arus, tak pakai sabuk pengaman.Termasuk pengendara tak bawa SIM atau STNK juga," ujarnya.

Sementara itu, berkaitan dengan operasi keselamatan 2018 ini, pihaknya sudah memasang spanduk sosialisasi atau pemberitahuan,memberikan brosur serta sosialsasi ke Polsek-polsek kecamatan serta kesekolah-sekolah dan dengan menggandeng tokoh masyarakat.Pemasangan spanduk dipasang dilokasi strategis, diwilayah Kabupaten Limapuluhkota seperti  di Kecamatan Pangkalan dan Kecamatan lainnya di wilayah.hukum Polres Limapuluhkota.

Kami tidak ingin ada korban nyawa secara sia-sia di jalan raya. Untuk itu diimbau masyarakat agar mentaati setiap peraturan lalu lintas," katanya usai acara Operasi Simpatik 2018 di Tanjumg Pati Kecamatan Harau,Kamis kemaren.

Ia mengatakan, selain itu pihaknya ingin masyarakat dapat tampil menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.
Untuk mewujudkan itu semua, para pengendara tersebut harus dapat meningkatkan disiplin dan kesadaran saat berkendaraan."Agar lebih aman di jalan raya, kami mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas, karena aturan mewajibkan pengendara roda dua menggunakan helm yang berstandar SNI serta mengantongi surat izin mengemudi (SIM). Untuk itu, aturan tersebut harus ditaati," kata dia.

Saat operasi simpatik di Kabupaten Limapuluh Kota, Satua Jajaran Polisi  Lalu Lintas Polres Limapuluhkota memberikan kejutan kepada pengendara jalan  dengan memberikan reward , di antaranya pembagian helm gratis bagi orang tua yang membawa anaknya pakai helm tetapi tidak layak dipakai lagi (usang/jelek).,pemberian buku serta alat tulis lainnnya bagi orang tua yang membawa anaknya yang memakai helm dan bunga kepada pengendara yang lalu lalang.

"Pemberian helm tersebut diharapkan dapat memotivasi pengguna kendaraan roda dua tentang pentingnya penggunaan pelindung terhadap kepala," kata Dwi Yulianto.

Sementara itu Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis mengatakan operasi simpatik itu dilaksanakan untuk menciptakan situasi aman dan nyaman, serta menciptakan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.
"Dalam operasi simpatik ini kami mengajak masyarakat mematuhi seluruh aturan berlalu lintas," kata dia.
Haris mengatakan dalam kegiatan operasi simpatik tersebut, pihak kepolisian melakukan upaya penertiban di wilayah hukum polres tersebut agar masyarakat tertib berlalu lintas.
Ia menambahkan, beberapa kegiatan yang dilakukan saat kegiatan simpatik tersebut di antaranya imbauanterhadap pengguna jalan, masuk ke sekolah-sekolah, nagari , serta membagikan stiker yang mengimbau masyarakat tertib berlalu lintas. (Anthon Chino)

 

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.