payakumbuh

BPOM Sumbar Akan Sidak ke Pasar Pabukoan

Payakumbuh,INtegritasmedia.com Dinas Kesehatan Payakumbuh akan melakukan uji kesehatan pada makanan yang dijual para pedagang di pasar pabukoan di dua tempat, yaitu di jalan Sutan Usman dan pasar satelit Padang Kaduduak.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Elzadaswarman, mengatakan, pihaknya akan melibatkan BPOM Sumatera Barat, Polres Payakumbuh dan Dinas terkait lainnya.
“Kita akan melakukan pengecekan. Namun untuk jadwalnya akan kita kabari,” sebut Om Zet panggilan akrab Elzadaswarman, Selasa (22/5) usai melakukan jumpa pers di aula lantai II Balaikota Payakumbuh, di kawasan eks lapangan Paliko.
Zet mengatakan, sebanyak 140 pedagang, menjual puluhan jenis makanan. Pada ramadhan 2017, Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh menemukan pewarna rodamin B pada makanan Dalimo yang di buat pedagang.
“Jika konsumen terkonsumsi zat pewarna rodamin B dapat menyebabkan iritasi pada mata, keracunan, serta iritasi saluran pernapasan,” lanjut Zet.
Zet menghimbau, agar para pedagang tidak membuat makanan dari bahan yang berbahaya.
Selain itu, Zet juga memberi tips agar masyarakat tetap sehat dan fit menjalankan ibadah puasa. Diantaranya Iman harus ditingkatkan, lakukan aktifitas sewajarnya, saat berbuka puasa minum air yang tidak mengandung esmakan sesuai kebutuhan jangan kebutuhan serta diperbanyak makan sayur dan buah.

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.