padang

Kampung KB Berok Kian Menggeliat,

Padang,IOntegritasmedia.com-Pengelolaan Kampung KB Berok,  Kelurahan Gunung Pangilun,  Kota Padang semakin menggeliat dengan meningkatkan pengetahuan warga dalam pembinaan keluarga serta menghadirkan Rumah Data dan Kampung Literasi. Warga di kawasan ini khususnya kelompok kader diberikan pelatihan tribina,  yaitu Bina Keluarga Balita (BKB),  Bina Keluarga Lansia dan Bina Keluarga Remaja (BKR) serta penguatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja).
Pelatihan yang difasilitasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat ini dilaksanakan di Aula LPM Gunung Pangilun,  Rabu (28/3/2018).
Lurah Gunung Pangilun Andi Amir mengatakan,  kegiatan ini bagian dari rangkaian Gebyar Kampung KB yang bakal dilaksanakan awal April mendatang. Gebyar Kampung KB diisi dengan sosialisasi, pelatihan dan kegiatan olahraga serta hiburan. Hal ini adalah upaya mendorong partisipasi masyarakat untuk pembangunan lingkungannya serta mengembangkan segala potensi guna meningkatkan kualitas hidup. 
"Seperti diketahui Program Kampung KB merupakan upaya pemerintah membangun daerah yang dinilai tertinggal dengan program integrasi kegiatan semua pihak, " kata Andi Amir. 
Lurah yang baru-baru ini masuk nominasi kompetensi terbaik mengungkapkan, untuk menunjang fasilitas di kampung KB juga akan diresmikan Palanta Kampung KB yang berfungsi sebagai rumah data dan pusat kegiatan kemasyarakatan. Satu hal lagi akan diluncurkan pula Kampung KB Literasi sebagai inovasi memajukan masyarakat lebih melek literasi. 
"Tahun ini juga, kita bekerjasama dengan STKIP PGRI Sumbar,  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggiatkan literasi yang disebut Kampung KB Literasi," katanya. 
Selanjutnya Andi Amir menyebutkan,  dalam Gebyar Kampung KB nanti juga akan di serahkan bantuan dari Baznas Kota Padang untuk modal usaha,  bibit untuk kolam ikan, perangkat sound system untuk kelompok senam, seragam bagi kader posyandu, alat timbang, serta meja dan kursi untuk keperluan posyandu. 
"Semua ini adalah wujud nyata dari kami selaku perangkat pemerintahan, karena kita mesti serius mendorong percepatan pembangunan Kampung Berok yang sebelumnya sudah jauh tertinggal dalam pembangunan infrastruktur dan taraf kesejahteraan warganya, " beber Andi Amir.(Y)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.