kabupaten solok

Kasrem 032 Wirabraja Tutup Kegiatan TMMD Ke -101 tahun 2018 di Kec. X Koto Diatas Kabupaten Solok.

Kabupaten Solok,Integritasmedia.com - Pelaksanaan Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018. Yang dilaksanakan selama satu bulan penuh, dari tanggal 04 April dan berakhir tanggal 03 Mai ini, resmi ditutup secara Resmi. Kamis, (03/05). Bertempat di Lapangan Bola Kaki Jorong Koto Tuo Nag Sulit Air Kab X Koto Diatas Kab. Solok,

Kegiatan Penutupan TMMD ke-101 tahun 2018 ini, dihadiri oleh, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat. Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Sony Septiono. Danlanud Padang Kolonel Pnb Eko Sujatmiko, Direktur Pam Obvit Polda Sumbar Kombes Pol Agus Krisdianto mewakili Kapolda Sumbar. Dandim 0309 Solok Letkol Arh Prio Iswahyudi (Dansubsatgas), Sekda Kab. Solok Aswirma. Kepala Kajari Solok.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Nagari Kab. Solok Medison, M.S Wakil Ketua DPRD Kab Solok Setrismen, Kabag Ops Kompol B. Simanjuntak mewakili Kapolres Solok Kota. Forkopincam X Koto Diatas. Ketua DPP SAS H. Samsudin Mukhtar Tokoh masyarakat dari Kecamatan X Koto Diatas. Dalam acara penutupan itu, ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima hasil pelaksanaan TMMD ke 101 tahun 2018 oleh Irup kepada Bupati Solok.

Suasana pelepasan anggota Satgas TMMD 101 Kodim 0309/Solok diwarnai dengan tangis haru sejumlah warga Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok.

Usai penutupan TMMD Kodim 0309/Solok, Gusnimar salah seorang warga Nagari Sulit Air yang rumahnya dibedah  mengungkapkan, cukup berat harus berpisah dengan para TNI. Karena sudah sebulan penuh berkumpul, sehingga menurut dirinya para anggota Satgas TMMD Kodim 0309/Solok itu, sudah seperti keluarga sendiri, bahkan seperti sudah menjadi bagian warga Sulit Air.

“Kami merasa kehilangan sekali atas kepergian para bapak-bapak TNI, tapi harus bagaimana lagi, tetapi saya ucapkan beribu terima kasih, karena sudah banyak yang diperbuat para prajurit TNI untuk  Nagari Sulit Air selama TMMD 101 berlangsung,” ungkap Gusnimar,

Walinagari  Sulit Air ibu Alex , juga menyatakan hal yang sama dengan warganya. Menurutnya, dengan berat hati harus melepas para TNI Satgas TMMD 101 Kodim 0309/Solok.

 “Saya menyadari bahwa masih banyak tugas besar yang harus diselesaikan para prajurit itu,” ungkapnya.

Tidak cuma warga yang merasa kehilangan, sejumlah anggota Satgas TMMD Kodim 0309/Solok menyatakan cukup berat untuk meninggalkan Nagari Sulit Air, hanya saja seberat apapun perpisahan itu harus terjadi, karena tugas lebih besar sudah menunggu di Kesatuannya masing masing.
Dandim 0309 Solok Letkol. Arh. Priyo Iswahyudi menyatakan, dalam membangun Nagari sangat diperlukan Sinerjisasi yang padu antara segala lini. Dan peran TNI juga menjadi bagian dalam menggalang pembangunan yakni dengan melalui manunggal.

Priyo memaparkan, dalam TMMD/N kali ini melibatkan sebanyak 150 orang personil yang terdiri dari 122 orang dari TNI, 10 orang Polri, serta sebanyak 18 orang tim asistensi atau penyuluh. 

"Sementara itu cakupan pekerjaan yang menjadi tumpul dilaksanakan meliputi sasaran fisik, diantaranya pekerjaan pengerasan atau pengecoran jalan Taram Gando sepanjang 700 meter, pembuatan saluran irigasi di banda Kaciak sepanjan 140 meter, di Gantiang Putuih sepanjang 86 meter, Bandar Taruko 200 meter, serta pekerjaan rehabilitasi  3 unit rumah tidak layak huni," paparnya.

Dandim Solok  mengatakan, TMMD/N merupakan Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu yang melibatkan pemerintah daerah setempat beserta komponen masyarakatnya yang ada, dan dikatakannya program tersebut merupakan salah satu upaya TNI dalam mendukung program pemerintah bidang percepatan pembangunan daerah.

" Terpilihnya salah satu Nagari di kabupaten Solok sebagai tempat dilaksanakannya TMMD/N, merupakan sebuah penghargaan, dan jelas Bhakti Sosial ini akan didukung oleh selurah lapisan masyarakat yang ada " ungkap Priyo Iswahyudi.

Acara dilanjutkan Penyerahan bantuan genset dan mesin potong rumput secara simbolis oleh Dandim 0309 Solok kepada perwakilan masyarakat, dan penyerahan secara simbolis cendera mata dan bantuan tas sekolah dari DPP Sas kepada Satgas TMMD. dan perwakilan siswa sebanyak 1500 yang berasal dari SMP dan SMA sederajat di Nagari Sulit air Kec.  X Koto diatas.
Kemudian acara makan siang bersama di rumah Gadang nan 20 ruang Nagari Sulit air.

"Acara juga diselingi dengan pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan oleh TNI/Polri bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kab. Solok, yang dipusatkan di lapangan bola kaki Jorong Balai Lamo, juga dimeriahkan bazar murah berupa bahan kebutuhan pokok yg dilaksanakan oleh TNI bekerjasama dengan Bulog," jelas Dandim..( Roni/stmudo)..

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.