Tanah Datar

Paham Radikal Harus di Antisipasi,Ujar Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas SH



Tim V TSR Tanah Datar Kunjungi Mesjid Tawakal dan Makmur

Tanah Datar,Integritasmedia.com - Pemkab Tanah datar membentuk TSR 1439 H/2018 M dalam rangka meningkatkan silaturrahim dan ukhuwah islamiyah anatara pemerintah Daerah dengan masyarakat serta menyampaikan program pemerintah dan menyambut aspirasi masyarakat yang ada di daerah.

Sebanyak 20 Tim Safari Ramadhan (TSR) kabupaten Tanah Datar, pada malam ke-6 dan 7 Ramadhan 1439 Hijriyah, Senin (21/05), secara serentak turun ke 20 masjid yang telah ditetapkan untuk dikunjungi tim pada Ramadhan tahun ini.

Tim V yang di pimpin Kapolres Tanah Datar Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas  SH mengunjungi 2 mesjid yaitu mesjid Tawakal Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan dan Mesjid Makmur Jorong Tiga Batur Nagari Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab.

Ketua tim V Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji mengatakan bahwa dibentuknya TSR oleh Pemkab Tanah Datar dalah dalam rangka menyampaikan program pemerintah dan menyerap aspirasi masyartakat .

Selanjutnya Bayu Aji menyampaikan bahwa kunjungan TSR ini adalah menyampaikan program Pemda Tanah Datar yang tertuang dalam visi dan misi Pemkab 5 tahun kedepannya,salah satunya program pemerintan Tanah datar dengan  menciptakan  generasi yang Ukhuwah islamiyah dengan mencetak kader mubalig cilik lebih kurang 6300 orang    yang telah disampaikan oleh Annisa dai/mubalig cilik tadi.

Dan selain menyampaikan program pemerintah serta menyerap aspirasi masyarakat setempat yang tak kalah pentingnya adalah menjaga Siskamling karena saat ini keadaan sedang kurang kondusif,sebab di beberapa daerah telah terjadi aksi terror yang dilakukan oleh kelompok  radikal ingin mengacaukan masyarakat Indonesia.

Dengan melihat situasi tersebut Kapolres Bayu Aji menghimbau kepada masyarakat supaya meningkatkan Siskamling diberbagai daerah,dan jika ada tamu yang ingin bermalam di suatu daerah/nagari masyarakat setempat harus melaporkannya ke aparat nagari supaya orang yang keluar masuk di suatu nagari tersebut bisa terpantau dengan sendirinya 24 jam.Selain dari TNI-Polri menjaga keamanan negara ini,peran masyarakat sangat di butuhkan sekali dalam menjaga keamanan di segala lini sehingga rasa aman dan tentram akan di rasakan oleh masuyarakat dengan sendirinya.

Disampaikan  lagi oleh Kapolres bahwa  paham radikal ini harus kita antisipasi masuk ke suatu daerah sehingga generasi muda tidak akan  terjerumus ke paham yang ingin memecah belah NKRI ini.Peran orang tua ,niniak mamak serta alim ulama dan  cadiak pandai dalam nagari sangat diperlukan untuk mendidik anak kemenakannya  supaya generasi muda tidak terjerumus ke paham radikalisme yang akan merusak keutuhan negara Indonesia ini dan salah satunya adalah dengan program Pemda Tanah Datar dengan program mencetak generasi muda yang Ukhuwah islamiyah,ujar Bayuaji.

Di dalam TSR yang dilaksanakan di mesjid makmur Jorong Tiga batur nagari Sungai Tarab pengurus mesjidnya menyampaikan bahwa sudah beberapa tahun ini ,Mesjid makmur telah membuka Koperasi Syariah dan Alhamdulillah telah berkembang dengan pesatnya.

Di sampaikannya bahwa di bentuknya koperasi syariah ini adalah dalam rangka membantu masyarakanya dalam berusaha yaitu berdagang.Dan sampai saat sekarang Koperasi Syariah Mesjid makmur Jorong Tiga Batur telah berjumlah 104 Nasabah.Koperasi Syariah yang dibawah pimpinan Abrar ini disamping membantu masyarakatnya untuk berdagang juga dalam rangka menghindari para tengkulak yang ingin memeras masyarakat dengan bunga yang berlioat ganda.Lebih lanjut disampaikannya bahwa  Koperasi Syariah ini masyarakat meminjam uang membayarnya tanpa di bebani  bunga sehingga masyarakat bisa berusaha dengan tenang dalam pengembangan usahanya.

Disamping menyampaikan program pemerintah serta menyerap  aspirasi masyarakat TSR Pekab Tanah datar ini juga memberikan paket berupa Al-Qur,an,uang untuk berbuka 1.5 jt serta untuk pembangunan mesjid Rp.10 jt.

Dalam TSR V yang di pimpin oleh Kapolres tersebut ikut dalam rombongan tersebut : Kepala kantor Kesbangpol Irwan S.Sos.MSi,Sekretaris RSUD Athosra SKM,Msi,Kabag Hukum dan Risalah DPRD,Kabid Dispadburpora,Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes,Kabid Pengarusutamaan Gender dan PP Dinas Sosial da PPPA,Kabid Pendapatan Non PBB dan Non BPHTP Badan Keuanagan daerah,Penceramah Cilik/dai cilik Annisa ,Aif Zunzuil ,Nafi Ibrahim dll,serta mengikutsertakan wartawan dia antaranya Antoni surya Roza,Jumharman sereta Kasdiray. (Anton)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.