solok

Personil Polsek Sungai Lasi Amankan Kunker Mentri LKH RI

Solok,Integritasmedia.com - Untuk melihat secara langsung program Nagari Indudur menjadi salah satu percontohan secara nasional, menjadikan hutan sosial kemasyarakatan,  yang berguna untuk memajukan perekonomian masyarakat, sehingga terbangunnya ekonomi logistik untuk masyarakat di Nagari Indudur.

Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI (KLKH RI) Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc,  melihat langsung hutan di Nagari Indudur Kec. IX Koto Sungai Lasi Kab. Solok Provinsi Sumbar, Kamis (03/05).

Demikian disampaikan Kapolres Solok Kota Dony Setiawan, melalui Waka Polres Solok Kota Kompol Sumintak yang dikutib dalam PID Humas Ressolokkota kepada berbagai media di Solok.
Sumintak menyatakan, di Nagari Indudur, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, rombongan  Ibu Menteri dikawal ketat oleh papara personil Polsek Sungai Lasi bersama satuan Mapolres Solok Kota. Jalan berliku dan tanjakan yang tinggi serta berliku, menelusuri arah Nagari Indudur. Tidak membuat semangat rombongan  ibu mentri dan rombongan Gubernur Sumbar, dan rombongan Bupati Solok menuju daerah terpencil itu.

"Sesampainya di Nagari Indudur, ibu Mentri dan rombongan di sambut langsung oleh Wali Nagari Indudur Syafrawandi,  dan tokoh masyarakat Setempat, dan pelajar daerah setempat,"papar Sumintak.

Dalam sambutannya Walinagari Indudur Syafrawandi menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ibu menteri KLKH RI, karena telah bersedia datang ke Nagari Indudur,  dalam Eksposenya  program kemasyarakatan di Nagari Indudur, sudah berlangsung sejak tahun 2008, dimana hutan ini dahulunya merupakan areal tandus dan sekarang telah menjadi hutan sosial yang bermanfaat dan menghasilkan bagi perekonomian masyarakat, Nagari Indudur  kedepannya,

Walinagari mengatakan, untuk pemanfaatan dan pengelolaan hasil hutan yang dihasilkan dari hutan sosial kemasyarakatan nagari Indudur dapat dilakukan pengolahannya di nagari sendiri, sehingga akan berdampak kepada meningkatnya ekonomi masyarakat di Nagari Indudur.

Dia memaparkan, Nagari indudur adalah sebuah pemerintahan nagari yang dipimpin oleh seorang Walinagari berada dalam lingkup Pemerintahan Kecamatan IX Koto Sei Lasi, dan Walinagari langsung bertanggung jawab kepada Bupati Solok sebagai Kepala pemerintahan di tingkat Kabupaten, setiap kegiatan pengelolaan sumber daya alam, diluar migas dan batu-batuan, yang bersifat ekonomi kerakyatan diatur dengan "Perna",

Perna itu  bertujuan untuk memajukan  dan mensejahterakan ekonomi masyarakat di nagari, "oleh sebab itu besar harapan masyarakat di nagari Indudur melalui Ibu Menteri KLKH RI dapat menyampaikan pesan kepada bapak Presiden RI untuk bersedia berkunjung dan melihat Nagari Indudur,"ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumbar yang disampaikan oleh Wagub Drs Nasrul Abit, menyampaikan, Wagub sangat memuji terobosan yang dilakukan oleh Walinagari Indudur yang telah membuat, mengajukan sampai  kemudian diterbitkannya 20 (dua puluh) Peraturan Nagari (Perna) Indudur, dimana belum tentu perna tersebut belum dapat dibuat oleh perangkat nagari/desa lain yang ada di pemerintahan Kab/Kota Provinsi Sumatera Barat,

kemudian Wagub juga sangat berharap kepada Ibu Menteri KLKH RI melalui Dirjen Kementerian, untuk membuka kesempatan kepada nagari/desa lain di wilayah Indonesia, dapat bertukar informasi dan pemikiran dengan melakukan study banding ke Nagari Indudur.

Dalam sambutannya Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, menyampaikan bahwa, banyak nilai yang bagus didapat dari kemampuan kreatifitas dan terobosan oleh Walinagari Indudur, salah satunya dengan membuat peraturan nagari tentang "hutan sosial kemasyarakatan.

Tentunya hal itu  sangat bermanfaat untuk memajukan perekonomian masyarakat di nagari indudur, program yang di buat oleh Walinagari Indudur tersebut, telah menjadi percontohan pada tingkat nasional, " karena program tersebut telah dapat mendorong terbangunnya ekonomi logistik untuk masyarakat Nagari Indudur, dampaknya pada peningkatan ekonomi bagi masyarakat melalui pendirian badan usaha nagari,"jelas Siti Nurbaya.

Pemerintah sangat mendukung upaya - upaya yang telah dilakukan tersebut, setelah  kunker ini Kementrian KLKH RI, segera mempresentasikan kepada Bapak Presiden RI tentang kemajuan  yang telah dicapai oleh Nagari Indudur, apabila Bapak Presiden RI dengan
sentasi tersebut dapat kita yakinkan.

"Mudah-mudahan beliau berkenan untuk berkunjung ke Nagari Indudur, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat Nagari Indudur bisa terkabul hendaknya, untuk bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan Bapak Presiden RI," papar Mentri.

Dia mengatakan, sebagai informasi tentang nagari/ desa yang disiapkan sebagai nagari/desa untuk program ekonomi hutan sosial kemasyarakatan, dan disiapkan untuk kunjungan kerja Bapak Presiden RI Joko Widodo,  adalah Nagari Indudur, karena merupakan nagari/desa yang diprioritaskan,  selain Nagari Sungai Buluh di Kab. Padang Pariaman, karena Nagari Indudur telah menjadi contoh secara nasional sebagai nagari/desa yang memanfaatkan hutan sosial kemasyarakatan untuk kemajuan dan peningkatan perekonomian masyarakat (program prioritas pada Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI).

Hadir dalam kunker ibu Menteri KLKH RI tersebut, Wakil Gubernur Sumbar Drs. Nasrul Abit, Dirjen Kehutanan KLKH Bambang Suprianto, Dirjen Kehutanan & Tata Lingkungan KLKH Prof. Sigit, Bupati Solok H. Gusmal, SE, Kepala Bank BNI Pusat, Kepala Perhutanan Sosial Kemitraan Lingkungan Area Sumatera Ir. Fauzan, Camat IX Koto Sungai Lasi, Kapolsek IX Koto Sei Lasi Pjs. Ipda Lishardi,  Staf Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan, personil Bhabinkamtibmas dan  Babinsa,tokoh masyarakat Nagari  Indudur serta para tamu dan undangan.

Pengamanan selama kegiatan kunker menteri KLKH RI di Nagari Indudur dilaksanakan oleh Personil dari Polsek IX Koto Sungai Lasi, dipimpin oleh Pjs Kapolsek IX Koto Sungai Lasi Ipda Lishardi dan dibantu oleh Personil dari Koramil IX Koto Sungai Lasi. (Roni/stmudo)..

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.