BPOM Sidak Pasar Pabukoan

Payakumbuh,Integritasmedia.com  - Makanan dan minuman di 2 Pasar Pabukoan yang ada di Kota Payakumbuh di sidak Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Padang, Rabu (30/5).
Kunjungan Kepala BPOM Padang Martin Suhendri didampingi Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman bersama Kadis Ketahanan Pangan Wal Asri, Kepala Dinas Kesehatan diwakili Sekretaris Desmon Korina, Kabid Kesmas dan P3, Hefi Suryani, Kasi Perizinan dan metrolodi Dinas Koperasi dan UKM, Joneidi, Kasi dari POl PP, Yoserizal dan beberapa petugas kesehatan dari pemko Payakumbuh ini, diawali dengan peninjauan makanan di Pasar Pabukoan tradisional Kenagarian Limbukan Kec. Payakumbuh Selatan. Di lokasi ini rombongan BB POM Padang melakukan wawancara dan pendataan terkait bahan baku makanan yang diproduksi dan dijual warga setempat. Beberapa sampel makanan dibawa oleh tim untuk diperiksa dan diuji di dalam mobil lab yang telah disiapkan BPOM.
Setelah itu Tim melanjutkan sidak dan peninjauan ke Pasar pabukoan Pemko Payakumbuh di Jalan Sutan Oesman Pusat Kota Payakumbuh. 
Kepala BPOM Padang Martin Suhendra menyampaikan kepada wartawan, kegiatan sidak ini bertujuan bagaimana masyarakat sadar akan pangan yang halal dan sehat.
"Bulan Ramadhan adalah bulan penuh rahmat, semua yang kita laksanakan bernilai ibadah, termasuk menjual pabukoan ini. Semua itu akan menjadi sebuah kesalahan apabila pedagang memasukkan salah satu unsur yang dapat merusak jiwa orang lain, dengan kandungan zat yang ada dalam makanan yang mereka jual. Meskipun dalam waktu yang lama, dan ini adalah sebuah kezholiman dan dosa ganjarannya," ujarnya.
Menurutnya, sidak pangan halal dan sehat ini akan menguji makanan dan minuman yang dijual pedagang dalam bentuk sampel yang diduga ada kejanggalan. Untuk itu kita menghimbau agar pedagang dan masyarakat pada umumnya untuk tidak memakai bahan berbahaya, pewarna berbahaya, pemanis berbahaya dalam bahan dan makanan.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Desmon Korina, memgatakan, sidak ini merupakan perdana selama Ramadhan dan kegiatan ini rutin dilaksanakan Kepala BB POM padang beserta tim setiap bulan Ramadhan, termasuk di Payakumbuh. Tujuan semuanya ini adalah bagaimana pangan halal dan sehat tumbuh berkembang di Payakumbuh, sehingga berkah dan sehat dapat kita raih. Kalaupun ada temuan dari tim BB POM nantinya, kita akan diberi tahu hasil pengujian labor. Sebagai tindak lanjutnya secara terkoordinasi dengan OPD terkait, termasuk kemenag, kita akan surati pedagang dan diberikan teguran untuk ditindaklanjuti," pungkas Desmon Korina.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama