kota solok

Group Syiar dan Dakwah "Bareh Solok" Lolos ke -3 Besar Syiar Anak Negeri Metro TV

Solok- Integritasmedia.Com--Group  Syiar dan Dakwah "Bareh Solok" asal Kota Solok, Sumatera Barat berhasil masuk ke babak eliminasi tiga besar Syiar Anak Negeri yang di selenggarakan oleh Kementerian Agama RI dan Metro TV. Group. Keberhasilan group Syiar dan dakwah Bareh Solok menorehkan Kabar yang sangat menggembirakan, bagi masyarakat Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Provinsi Sumbar, dan Pulau Sumatera pada umumnya.

"Group Bareh Solok" menjadi satu-satunya wakil tim dari Pulau Sumatera yang berhasil lolos ke babak tiga besar. "Bareh Solok" berhasil mengoleksi 88,3 poin, hasil penilaian yang sangat  ketat Oleh dewan juri. Group Bareh Solok masuk ke babak tiga besar, bersama group Alfa Voice dari Jawa Timur dan Manda Probo Exist juga  dari Jawa Timur.

Yang terbaik dari hasil grand final, juara 1, memperoleh hadiah 100 juta. Plus hadiah umroh, juara 2, memperoleh hadiah 75 juta, dan hadiah juara ke 3 dengan hadiah 50 juta.

Group Syiar dan Dakwah "Bareh Solok" beranggotakan lima orang, yakni Yovi Oktaria, Khairul Mufaddal, Fawaza Yuda, Awang Virgiyan dan Dirga Egryandi. Kelimanya merupakan siswa kelas tiga SMA Negeri 1 Kota Solok. Tim Bareh Solok berhasil masuk ke babak eliminasi setelah lolos di babak seleksi yang diikuti oleh 138 tim dari seluruh Indonesia.

Dari 138 group peserta yang mendaftar ada sebanyak 8 group Nasyid dan dakwah yang berasal dari Sumbar. Mereka bersaing dengan 25 grup dari Jawa Timur, 15 grup dari Jawa Barat, 11 grup dari Yogyakarta, 5 grup berasal dari Banten, 3 grup dari Aceh, 5 grup dari Sumatera Utara, 7 grup dari Sumatera Selatan, 2 grup dari Jambi, 1 group dari Riau, 6 grup dari Bengkulu, 2 group dari NTT, 1 grup dari Maluku Utara, 6 group dari Kalimantan Selatan, 1 grup dari Kalimantan Barat dan 1 grup dari Sulawesi Selatan. Masing-masing group beranggotakan 3 sampai 5 orang yang berasal dari siswa SMA atau Madrasah Aliyah.

Dari 138 grup yang ikut seleksi, 12 Group lolos ke babak eliminasi dan mereka telah tampil pada tanggal 19 Mei 2018 lalu sehingga grup "Bareh Solok" lolos ke tahap eliminasi 6 (enam) besar.

Adapun Group yang lolos ke tahap 6 besar tersebut adalah; 1. Grup "A 7.16" (Kalimantan Timur), 2. Grup "Bareh Solok" (Solok, Sumatera Barat), 3. Grup "Alfa Voice" (Jawa Timur), 4. Grup "Manda Probo exist" (Jawa Timur), 5. Grup "Az Zhukruf" (Yogjakarta) dan 6. Grup "An Nada" (DKI Jakarta).

Syiar anak negeri adalah program yang di selenggarakan oleh Kementerian Agama RI dan Metro TV. Program Syiar Anak Negeri adalah ajang pencarian bakat remaja untuk berdakwah. Meliputi syiar dan syair dengan khotbah atau ceramah, dongeng Islami partisipatif dan nasyid.

Program ini digagas dari minimnya pengetahuan agama dan budi pekerti di kalangan remaja saat ini, yang mudah terpengaruh di era digitalisasi dan globalisasi informasi.

Syiar anak negeri ini juga di harapkan mampu memberikan wadah inspiratif bagi kalangan muslim milineal khususnya SMA, SMK sederajat untuk menyalurkan ilmu pengetahuan agamanya dan berani menjadi agen perubahan dengan berdakwah di depan publik dan penonton.

Selanjutnya Grup yang masuk ke dalam tiga besar masih mengikuti proses karantina  di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta sejak tanggal 13 mei 2018 lalu. Para peserta Syiar Anak Negeri selalu diberi pembekalan selama proses karantina. Grup tiga besar akan kembali tampil di babak final pada hari Sabtu tanggal  06 Juni 2018 mulai pukul 14.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB, do Metro TV Jakarta.
Wakil Walikota Solok Reinier yang ikut menyaksikan langsung menyatakan,
masuknya grup "Bareh Solok" ke tiga besar Syiar Anak Negeri, semakin mengharumkan nama Kota Solok di Sumbar, Sumatera dan tingkat nasional. Maka atas keberhasilan grup "Bareh Solok" tersebut.  "keberhasilan ini merupakan sinyalemen dari makin kuatnya suasana religius di Kota Solok,"ujarnya.

Dia sangat berharap kepada seluruh masyarakat Sumatra Barat, dan Masyarakat Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan. "Mari kita doakan Grup "Bareh Solok" untuk bisa menjadi yang terbaik di babak tiga besar Sabtu depan," ungkap Reinier.

Sebelumnya  DPRD Kota Solok Yutris Can menyatakan pihaknya sangat mendukung kreativitas dan prestasi yang telah ditorehkan siswa-siswa SMAN 1 Kota Solok tersebut. Menurut Ketua Alumni SMAN 1 Solok itu, keberhasilan itu bukan sekadar keberhasilan SMAN 1 Solok, tapi adalah kebanggaan bagi Kota Solok, Sumatera Barat dan Pulau Sumatera.

"Mari kita dukung penuh kreativitas ini. Serta menjadi contoh bagi siswa-siswa lain untuk berkarya dan berprestasi," papar Yutris Can. (Roni Natase)..

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.