payakumbuh

WAKO RIZA FALEPI AJAK KABUPATEN/KOTA SALING BERSINERGI BANGUN DUNIA KEPARIWISATAAN SUMBAR

 PARIWARA PEMKO PAYAKUMBUH
 
 Kunjungan Muhibah Pariwisata

Payakumbuh,Integritasmedia.com - Walikota Payakumbuh Riza Falepi beserta Wakil Walikota, Erwin Yunaz bersama sejumlah kepala daerah di Propinsi Sumatera Barat, diantaranya Walikota Bukittinggi, Bupati Dharmasraya dan Bupati Solok Selatan, melakukan Muhibah Pariwisata sekaligus Touring Off Road bersama di Sitiuang 4, Dharmasraya dan Muaro Labuah, Kabupaten Solok Selatan, pada Sabtu-Minggu (24-25/6).

Sebelum bertolak ke lokasi acara, pada Sabtu (24/6) pagi, Walikota Payakumbuh menerima rombongan Off Roader asal Kota Bukittinggi yang dipimpin Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias. di Balairung Rumah Dinas Walikota Payakumbuh, Jalan Rasuna Said, Kelurahan Tiaka.

Turut menyambut, Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Asisten II, Amriul sejumlah kepala OPD Kota Payakumbuh diantaranya, Kadis Perhubungan, Adrian, Kadis Sosial, Idris, Kepala BPBD, Yufnani Away, Kepala Bappeda, Rida Ananda, Kadis Parpora, Elfriza Zaharman, Kabag Protokoler, Firdaus, serta Ketua Toyota Land Cruiser Indonesia Payakumbuh-Lima Puluh Kota (TLCI Paliko), Mustafa beserta sejumlah anggota TLCI Paliko.

Usai acara penyambutan di Balairung Rumah Dinas Walikota Payakumbuh, sekitar pukul 11 siang rombongan Walikota Payakumbuh dan Walikota Bukittinggi langsung bertolak menuju Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya melewati Halaban, Lintau, Sijunjung, menyusuri Jalan Lintas Sumatera, karena sudah ditunggu rombongan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Setiba di Pulau Punjung, rombongan disambut Bupati Sutan Riska untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Solok Selatan. Beberapa waktu kemudian ketiga kepala daerah pun bergabung dan melanjutkan perjalanan menuju Muaro Labuah di Solok Selatan melalui perkebunan sawit dan karet di daerah Sitiung 4.

Selama 5 jam berkendara menyusuri perkebunan dan perkampungan serta diguyur hujan lebat selama dalam perjalanan, rombongan akhirnya tiba di Kawasan Seribu Rumah Gadang yang berada di Jorong Koto Baru, Kenagarian Muaralabuh, Kecamatan Sungai Pagu menjelang pukul 11 malam dan disambut Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria.

Keesokan harinya, rombongan ketiga kepala daerah tersebut disambut dengan tarian dan talempong pacik dari bundo kanduang setempat dan ditemani Bupati Muzni Zakaria menyusuri Kawasan Seribu Rumah Gadang untuk melihat rumah adat (Rumah Gadang-red) yang masih asli dan dalam jumlah yang banyak di lokasi tersebut.

Disela-sela kegiatan Wako Riza mengatakan, kegiatan muhibah pariwisata dan off road bersama tersebut tentu mempunyai nilai strategis dan bermanfaat bagi dirinya dan Kota Payakumbuh. Menurut Wako Riza kesempatan tersebut bisa dijadikan ajang silaturahmi antar kepala daerah serta saling bersinergis dalam melaksanakan pembangunan di daerah masing-masing.

"Disamping memperkuat silaturahim, kegiatan ini bisa jadi ajang saling berbagi ide dan kiat antar kepala daerah dalam melaksanakan pembangunan. Masing-masing kepala daerah pasti punya kelebihan yang bisa dibagikan kepada kepala daerah lain. Suasana informal tentu akan lebih memudahkan bertukar informasi," kata Riza.

Kemudian menurut Wako Riza, selain manfaat di atas, hal utama dari kegiatan ini adalah adanya upaya saling mendukung dan bersinergi antar kepala daerah dalam memajukan dunia kepariwisataan di tingkat lokal dan Sumatera Barat secara keseluruhan. Dan apabila ini maju tentunya akan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

“Kami melihat kegiatan ini sangat positif. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan mempromosikan keindahan alam dan pariwisata di daerah kita, Sumatera Barat ini. Masing-masing kepala daerah dapat saling memberikan dukungan dalam memajukan dunia kepariwisataan di tingkat lokal maupun Sumatera Barat secara keseluruhan. Dan ending-nya tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar”, pungkas Walikota Riza Falepi.(A)/Humas dan Protokoler Pemko Paytakumbuh

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.