limapuluhkota
Irfendi : Humas Harus Mampu Ikuti Perkembangan Media

Limapuluh Kota,Integritasmedia.com - Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Fungsi utama Humas adalah melakukan komunikasi.
Demikian Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi dalam percakapannya dengan para staf Bagian Humas dan Pemberitaan Sekretariat Daerah Kabupaten Limapuluh Kota di Sarilamak, kemaren.
“Humas memiliki posisi dan peran strategis dalam sebuah organisasi. Humas juga mempunyai fungsi menjaga hubungan baik organisasi dengan lingkungan atau masyarakat terutama dalam menginformasikan berbagai program pemerintah daerah, guna terbentuknya citra positif pemerintah daerah di tengah masyarakat,” ungkap Irfendi Arbi.
Dikatakan, Humas harus terus meningkatkan kinerjanya dalam menyebarluaskan berbagai informasi dari pemerintah daerah ke tengah masyarakat. Jika tidak, tentunya berbagai kerja keras pemerintah daerah dalam membangun Limapuluh Kota ini tidak akan diketahui publik.
“Kita berharap Humas senantiasa memberikan informasi yang jelas dan akurat agar masyarakat mengetahui secara utuh apa yang sudah dan akan dikerjakan pemerintah daerah,” jelas Irfendi.
Menurutnya,  Humas harus mengikuti perkembangan informasi terkini di berbagai media massa termasuk di media sosial. Apalagi kini media sosial semakin gencar dan aktif memberikan berbagai informasi yang sebagiannya belum tentu kebenarannya atau bohong (hoax).
“Agar bisa mengikuti perkembangan media elektronik atau media sosial tersebut, tentunya personil Humas perlu senantiasa meningkatkan kualitas SDM-nya. Apalagi dewasa ini opini publik semakin marak dimuat di berbagai media sosial yang beredar di tengah masyarakat,” tutur Irfendi Arbi.
Lebih lanjut Irfendi berharap, setiap personil Humas memiliki kemampuan cara berkomunikasi yang baik dan benar, serta mempunyai kemampuan menyampaikan informasi dalam bentuk lisan dan tulisan seperti dalam bentuk pres rilis dan lainnya.
“Seorang Humas tidak hanya mesti menguasai peralatan teknologi informasi guna mendukung kelancaran tugasnya, tetapi juga diharapkan bisa membuat rilis atau siaran pers,” ungkap Irfendi. (S)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.