padang

Lemhanas RI Studi Strategis Dalam Negeri Ke Kota Padang

Padang,Integritasmedia.com - Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS) RI mengadakan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LVIII tahun 2018 ke Kota Padang. Kunjungan SSDN yang juga diikuti Wakil Gubernur Lemhanas RI Marsdya TNI Bagus Puruhito disambut langsung Walikota Padang yang diwakili Asisten Pemerintahan Vidal Triza dan Ketua DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti, serta jajaran Pimpinan SKPD Pemko Padang di ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang, Senin (27/8/2018).

Di kesempatan itu, pimpinan rombongan SSDN PPRA LVIII Marsda TNI Baskoro Alrianto, M.Sc mengatakan, tujuan SSDN ke Kota Padang adalah untuk mengumpulkan, mempelajari, memahami serta melihat sejauh mana gambaran kondisi wilayah dari segi potensi daerah, pertahanan keamanan, ideologi, politik dan sosial budaya ditinjau dari aspek kesejahteraan dan keamanan.

“Peserta SSDN PPRA LVIII berjumlah 25 orang dengan 2 orang peserta dari luar negeri. Yang berasal dari unsur TNI/POLRI, Birokrat, Profesi, dan Ormas,” ujar Baskoro.

Ditambahkannya, Lemhanas merupakan lembaga pemerintah non departemen yang bertanggungjawab kepada Presiden, yang memiliki tugas diantaranya; menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional yang berpikir integratif dan profesional, berwawasan nusantara serta memiliki cakrawala pandang yang universal; melakukan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis mengenai berbagai permasalahan nasional, regional, dan internasional yang diperlukan oleh Presiden, guna menjamin keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya, menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, nilai-nilai Pancasila serta nilai-nilai kebhinneka tunggal ika-an; serta membina dan mengembangkan hubungan kerjasama dengan berbagai instansi terkait di dalam dan luar negeri.

Pertemuan yang dikemas dalam bentuk dialog serta diskusi tersebut berjalan dengan alot dengan suasana yang penuh keakraban. Dan turut dihadiri Ketua KPU Kota Padang, pemuka adat dan ormas Kota Padang.
Sementara itu, Asisten Pemerintahan Vidal Triza mengucapkan terimakasih kepada Lemhanas RI karena telah memilih Kota Padang sebagai objek kajian SSDN PPRA LVIII. “Kita sangat senang dikunjungi, apalagi sebagai tempat untuk diteliti. Karena, dari sinilah kita mendapatkan saran dan kritikan untuk kemajuan Kota Padang kedepannya,” ungkap Vidal.
 
Di kesempatan itu, Vidal juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Walikota dan Wakil Walikota karena sedang berada di luar kota untuk keperluan dinas. Begitu juga dengan Sekretaris Daerah yang juga sedang dinas luar kota.(Y)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.