limapuluhkota

Antusias Kembangkan Koperasi,

Limapuluh Kota Miliki PLUT Satu-satunya di Sumbar
Limapuluh Kota,Integritasmedia.com -
Kabupaten Limapuluh Kota merupakan daerah yang sangat antusias dalam pengembangan koperasi. Tak heran daerah ini menjadi daerah satu-satunya yang kebagian alokasi pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Provinsi Sumatera Barat.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat Zirma Yusri mengatakan hal itu dalam sambutannya pada acara peresmian PLUT sekaligus peringatan Hari Koperasi tahun 2018 di Kabupaten Limapuluh, Kamis (30/8).
“Benar, hingga kini PLUT di Sumatera Barat baru ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Daerah ini wajar kebagian PLUT lebih awal karena memang Kabupaten Limapuluh Kota sangat antusias mengembangkan koperasi,” aku Zirma.
Dikatakan, indikator keseriusan daerah yang dipimpin Bupati H. Irfendi Arbi itu membangun koperasi antara lain terlihat dari tingginya pertumbuhan berbagai koperasi termasuk koperasi unit desa/nagari di daerah ini. Selain itu, pengembalian dana bergulir yang disalurkan di kabupaten ini juga besar.
“Tidak dipungkiri, pertumbuhan koperasi dan pengembalian dana bergulir di Kabupaten Limapuluh Kota sangat besar dan patut diaresiasi. Ini tentu tidak terlepas dari kegigihan bupati, dinas koperasi dan berbagai pihak terkait lainnya,” ujar Zirma.
Menurut Zirma, pengembangan koperasi perlu hati dan jiwa serta semangat persahabatan. Sebab, membangun koperasi itu butuh kebersamaan. Hal ini lah yang membuat koperasi di Limapuluh Kota mampu berkembang dengan baik.
“Motor penggerak utama koperasi di Provinsi Sumatera Barat itu adalah Kabupaten Limapuluh Kota. Di sini lah koperasi berjaya di Sumatera Barat. Jadi, tak heran Bupati Irfendi Arbi sukses meraih penghargaan tanda Jasa Bakti Koperasi dan UKM tahun 2018 dari Menteri Koperasi dan UKM,” papar Zirma.
Sementara itu Bupati Irfendi Arbi dalam arahannya mengakui, koperasi memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian nasional. Bahkan, saat ini sudah banyak koperasi yang maju dan mampu memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya.
 “Selama ini koperasi cukup mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat dan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Limapuluh Kota. Namun tidak dipungkiri, di samping yang maju juga masih ada belum berhasil. Ini ntentu menjadi tantangan bagi kita untuk membuat strategi buat memajukan seluruh koperasi tersebut,” ungkap Irfendi.
Bupati Irfendi Arbi berharap, semua pihak menyokong upaya pengelolaan koperasi secara baik dan benar untuk terwujudnya koperasi yang sehat, tangguh dan mandiri di daerah ini.
“Mari kita sokong pengembangan koperasi di daerah ini dengan berbagai upaya seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan produksi, pemasaran dan permodalan koperasi tersebut,” ajak Irfendi Arbi.
Lebih lanjut Irfendi juga menungkapkan rasa senangnya atas kehadiran PLUT di Limapuluh Kota yang merupakan satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat, serta hanya ada sekitar 200 unit di Indonesia. Ia berharapkan PLUT itu benar-benar berperan memberikan layanan konsultasi dan pendampingan terhadap Koperasi dan UMKM di bidang kelembagaan, akses pembiayaan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, produksi dan pemasaran.  
“Seperti disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Limapuluh Kota Kasman Kasim sebelumnya, kita ingin PLUT ini berperan sebagai klinik untuk koperasi dan UMKM. Saya optimis para konsultan PLUT yang terdiri dari konsultan kelembagaan, pemasaran, produksi, pembiyaan dan konsultan peningkatan kapasitas SDM agar bisa lebih maju,” tutur Irfendi Arbi.
Sebelumnya Kadis Koperindag Kasman Kasim dalam laporannya memaparkan jumlah koperasi di Kabupaten Limapuluh Kota sebanyak 196 unit dan terbilang aktif sebanyak 154 koperasi dan 12 koperasi diantaranya tengah dibina menjadi koperasi yang mandiri. Sedangkan jumlah UMKM yang telah memiliki izin usaha sebanyak 1.557 unit.
Acara peresmian PLUT dan  peringatan Hari Koperasi itu juga dimeriahkan dengan jalan santai dan hiburan KIM. Ikut hadir dalam acara itu Muspida.  (S)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.