Pagelaran Silat Tradisi Dalam Rangka Pelestarian Seni Budaya

Bukuttinggi,Integritasmedia.com - Dalam upaya pelestarian nilai seni budaya tradisional Minangkabau khususnya silek tradisional (silat) Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittingg menggelar festival Silek Nasional dan Internasional pada tanggal 27 hingga 30 Nopember 2018 dilapangan kantin Bukittinggi.
Dalam kegiatan diadakan rapat dalam jumpa pers yang dihadiri langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, tuo silek tradisi Minangkabau Bukittinggi, KAK, KAN, SKPD terkait dan undangan lainnya , Selasa (25/9).
Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan festival silek tradisi ini merupakan kegiatan yang tertunda yang sebelumnya direncanakan pada tahun 2017 yang lalu, festival ini merupakan suatu upaya pelestarian nilai seni budaya Minangkabau agar generasi muda lebih mencintai budayan

“penyelenggaraan festival silek tradisional ini bertujuan untuk membangkitkan kembali nilai – nilai budaya khususnya Silek Tradisional yang menjadi adat dan budaya bagi anak nagari di Minangkabau, disamping itu dengan festival ini merupakan bagian dari mempertahankan nilai – nilai budaya bangsa”, ujarnya.
Walikota juga menyampaikan bahwa penyelenggaraannya festival ini agar termenej dengan baik, nantinya akan diatur oleh event organizer. Selain penyelenggaraan festival, nantinya juga akan ada pameran yang akan melibatkan sasaran silek, agar orang – orang tahu lebih jauh tentang sejarah silek, dan para tuo silek nantinya juga akan dilibatkan sebagai kurator. Festival silek ini akan dilaksanakan di lapangan, tidak didalam gedung, papar walikota Ramlan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melvi menyampaikan bahwa, kegiatan ini mendapat respon yang positif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Karena  kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertajuk Indonesiana memiliki visi dan misi yang sama dengan festival ini, maka acara penutupannya akan dilaksanakan bertepatan dengan penutupan festival silek ini. Begitupun dengan Silek Art Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat  yang disupport Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga akan dilakukan penutupan dalam waktu yang bersamaan di Bukittinggi. (A)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama