payakumbuh

Pencanangan BUlan Bakti Gotong Royong

Payakumbuh ,Integritasmedia.com - Walikota Payakumbuh melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Rida Ananda resmikan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Payakumbuh, di Halaman Kantor Walikota Payakumbuh Eks. Lapangan Poliko, Kamis lalu.

Pencanangan BBGRM ini dihadiri oleh Fokopimda Kota Payakumbuh, Kepala Bank Nagari Cabang Payakumbuh, Camat dan Lurah se-Kota Payakumbuh
Dalam sambutannya, Rida Ananda mengatakan gotong royong harus dimaknai bukan hanya sebagai slogan dan sebatas kata-kata atau bahkan jargon. Gotong Royong harus diaktualisasikan, dilaksanakan dalam kehidupan dan bekerja sehari-hari.
“BBGRM merupakan momentum kita bersama untuk mengingatkan kita semua tentang arti pentingnya gotong royong, terutama generasi penerus yang akan memikul sejarah ke depan. Kita juga perlu menanamkan semangat gotong royong kepada anak-anak kita dan generasi muda karena merekalah pemuka masa depan bangsa ini.
Asisten III Bidang Administrasi Umum juga menjelaskan bahwa semangat gotong royong harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak. Sehingga generasi muda senantiasa bermusyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam bekerja.
“Itulah sebabnya semangat gotong royong ini harus diajarkan melalui kegiatan praktik-praktik yang nyata dan bukan sekedar wacana. Semog kita menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan dalam merenda hari esok yang lebih baik melalui pembangunan disegala aspek kehidupan, sekaligus menggugah kembali kesadaran kita akan pentingnya nilai-nilai kegotongroyongan,” kata Rida Ananda dan dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda resminya Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong di Kota Payakumbuh.
Sementara itu, Ketua Panitia BBGRM Erwan mengungkapkan Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah menjaga dan melestarikan budaya gotong royong sebagai budaya asli bangsa Indonesia, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, “kata Kepala Bagian Pemerintahan Setdako Payakumbuh.
Ia menambahkan pelaksanaan gotong royong serentak di Kota Payakumbuh dilaksanakan pada tanggal 16 November 2018 di beberapa kecamatan yaitu Kelurahan Kototuo Limokampuang Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kelurahan Taratak Padang Kampuang Kecamatan Payakumbuh Utara, dan Kelurahan Padang Sikabu Kecamatan Lamposi Tigo Nagori
Kemudian juga dilaksanakan di Kelurahan Subarang Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat pada 23 November 2018 dan pada 27 November 2018 di Kelurahan Koto Baru Kecamatan Payakumbuh Timur. Pelaksanaan Orientasi bagi Pengurus LPM Kelurahan, DPC LPM Kecamatan, dan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh pada 21 November 2018.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada pemenang Lomba LPM Berprestasi tingkat Kota Payakumbuh tahun 2018. Tiga LPM Berprestasi tersebut adalah LPM Tanjuanggodang Sungai Pinago sebagai Juara I dengan nama Ketua LPM, Darwisman. Selanjutnya, Juara II diraih oleh LPM Tigo Koto Dibaruah dengan Ketua LPM, Usman Ibrahim dan Juara III LPM Kelurahan Limbukan yang diketuai oleh Rio Novandri.
Ketiga LPM Berprestasi tingkat Kota Payakumbuh tahun 2018 ini masing-masing mendapatkan reward sebesar Rp3.500.000 untuk Juara I, Rp2.500.000 untuk Juara II, dan Rp1.500.000 untuk Juara III.(A)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.