payakumbuh

Mari Kita Tauladai jiwa dan Semangat Para pahlawan,Ujar Wako Riza Falepi

TPayakumbuh,Integritasmedia.com - idak hanya itu, rangkaian peringatan pun dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke sejumlah lokasi, di antaranya Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa yang beralamat di Jalan Pahlawan, Sawah Padang, Makam Pejuang 45 di Balai Jariang, Koto Nan Gadang serta Jembatan Ratapan Ibu, di Jalan Ahmad Yani, Ibuah.
Walikota Riza Falepi yang didaulat sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada pagi itu, membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, di hadapan peserta upacara yang dihadiri Wakil Walikota Erwin Yunaz, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. Solichin, Kapolres Payakumbuh, AKBP. Endrastyawan S, sejumlah unsur Forkopimda lainnya, Sekretaris Daerah, Amriul Dt. Karayiang, pimpinan OPD, TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Mahasiswa, Pelajar dan Organisasi Masyarakat se-kota Payakumbuh.
Dalam amanatnya Menteri Sosial mengatakan bahwa hari Pahlawan yang diperingati setiap tahunnya yang jatuh pada 10 November adalah untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam.
“Setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik terbesar setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.
Prosesi peringatan hari pahlawan khususnya upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta serentak selama 60 detik seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di perwakilan negara Republik Indonesia di luar negeri, ” baca Walikota Riza.
Disampaikan Walikota Riza, peringatan hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara.
“PERINGATAN HARI PAHLAWAN BUKAN SEMATA SEBUAH ACARA SEMATA NAMUN HARUS SERAT MAKNA, HARUS DAPAT MENGGALI DAN MEMUNCULKAN SEMANGAT BARU DALAM IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI, “
“Peringatan hari Pahlawan bukan semata sebuah acara semata namun harus serat makna, harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, ” ujar Walikota.
“Siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.
Setiap perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan. Oleh karenanya peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan,” terang Walikota.
Dikaitkan dengan pahlawan pada saat sekarang ini, Walikota mengajak para pemuda untuk meneladani semangat para pahlawan karena bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru.
“Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi untuk memajukan negeri ini. Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan .
Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri, ” lanjut Walikota.
Di akhir sambutan, melalui momentum peringatan hari pahlawan, Walikota mengajak berbuat yang terbaik bagi bangsa.
“Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari lingkungan terdekat di sekitar kita, yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara ini. Selamat hari Pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara, ” pungkas Walikota membacakan amanat Mensos tersebut.(A)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.