payakumbuh

Wawako Payakumbuh: Mari Tingkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI

PARIWARA

PAYAKUMBUH,Integritasmedia.com - Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz pimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)
ke-73 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 di Lapangan Sari Bulan, Sawah Padang, Payakumbuh, Senin 26 November 2018. Peringatan HUT PGRI ke-73 dan HGN tahun 2018 ini mengangkat tema Mewujudkan Guru Sebagai Penggerak Perubahan Menuju Indonesia Cerdas, Berkarakter Dalam Revolusi Industri 4.0 atau Generas Keempat.

Erwin Yunaz dalam membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengucapkan selamat kepada semua guru dan tenaga pendidikan di Indonesia, khususnya di Payakumbuh. Ia mengucapkan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"
Dalam kesempatan baik ini mari kita berdoa semoga martabat guru semakin dijunjung tinggi seiring meningkatnya profesionalisme, kesejahteraan, dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulianya. Namun di tengah perayaan ini, bangsa Indonesia tengah menghadapi keprihatinan terhadap beberapa bencana nasional seperti di NTB dan Sulawesi Tengah. Dimana tidak kurang dari 22 ribu orang guru, tenaga pendidik, dan peserta didik yang menjadi korban, baik yang meninggal dunia. luka berat, kehilangan sanak keluarga maupun kehilangan tempat tinggal," kata Wakil Walikota Payakumbh dihadapan ribuan guru yang hadir dalam
kesempatan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa tantangan pendidikan di abad XXI semakin berat dan para guru harus meningkatkan profesionalisme dan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagaimana diketahui, Revolusi Industri 4.0 telah merambah ke semua sektor dan harus disikapi dengan arif karena telah merubah peradaban manusia secara fundamental.

"Untuk itu, dibutuhkan guru yang profesional dalam artian guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global," ujar Erwin Yunaz.

Setidaknya, terdapat tiga ciri guru profesional yang harus dimiliki oleh para guru yaitu guru yang memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Dimana perubahan zaman mendorong guru agar dapat menghadirkan pembelajaran abad XXI dengan menyiapkan peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi.

"Selanjutnya seorang guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan terus belajar, mengembangkan diri dan meningkatkan kecakapan untuk mengikuti laju perubahan zaman. Kemudian mampu merawat jiwa sosial dan guru sebagai pejuang pendidikan yang menjalankan peran, tugas, dan tanggung jawab mulia sebagai sebuah panggilan jiwa," kata Wawako Payakumbuh.

Ia berharap Hari Guru Nasional tersebut sebagai momentum untuk terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter yang mampu bersaing dalam kancah pergaulan global. Kemudian juga diharapkan dapat memelihara, mengembangkan jati diri, dan membentuk karakter generasi penerus bangsa.

"Bangsa ini menitipkan amanah kepada Bapak dan Ibu guru yang saya hormati. Sungguhlah tugas yang amat berat bila dipikul seorang diri, maka marilah kita bergandeng tangan menunaikan tugas mulia ini dan dipundak Bapak dan Ibu kami gantungkan masa depan bangsa ini," ujarnya mengakhiri sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

#lipsusbagprotokoler& dokumentasisetdakopayakumbuh

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.