payakumbuh

Mahasiswa Unand Bersih-Bersih di kayu kalek

Payakumbuh - Sekelompok Mahasiwa/i jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Andalas Payakumbuh menggelar bhakti sosial dalam bentuk gotong royong dengan membersihkan dan memasang merek di beberapa titik penting di destinasi wisata Puncak Kayu Kolek.
 
Kehadiran mahasiswa tersebut adalah sebagai bentuk peduli dan empaty terhadap pembangunan ekonomi warga, khususnya warga di Jorong Sikabu Kabu. Peningkatan ekonomi warga melalui wisata. Atas dasar itulah 9 orang mahasiswa dari unand payakumbuh hadir membantu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) lingkungan destinasi wisata Puncak Kayu Kolek Kenagarian Sikabu kabu Tanjung haro padang Panjang, Kecamatan Luak Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (29/11/2018) siang.
“Kerja bhakti ini sebelumnya telah kami mulai pada hari Minggu (25/11/2018) dengan memfokuskan goro pembersihan lingkungan wisata. Sedangkan pada hari ini kita fokuskan pemasagan merek penunjuk destinasi serta plang merek berisi himbauan. Contoh, “Disini dilarang buang sampah”, terang Puji didampingi rekannya Dinda.
Dikatakan, kita sengaja pasang penunjuk objek destinasi yang ada di Puncak Kayu Kolek. Agar pengunjung tau dan mau menyaksikan keindahan secara langsung tampa bertanya-tanya lagi. Bahasa lainnya, memudahkan pegunjung dalam mengenalnya. Kita pasangi plang Taman Bunga Prof Mayer, Sarasah Kayu Putieh dan arena sepeda gunung,” imbuh mereka.
“Terima kasih atas bantuan adinda dari kampus Unand Payakumbuh. Kita tergetkan bahwa kayu kolek bisa menggaet pengujung seperti dulu lagi. Yakni mencapai 500 orang perharinya,” ucap Nofrizal, jorong setempat.
Rois salah seorang mahasiwa lainnya mengatakan bahwasanya bhakti sosial yang dilakukan atas kesadaran ikhlas dari para mahasiswa.
“Kita berupaya agar keberadaan mahasiswa Unand bermanfaat bagi warga. Mahasiswa/i harus bisa mandiri. Dengan hadirnya kita bersama Pokdarwis dan warga, kita bisa tau perencanaan strategis apa yangnakan dilaksanakan. Serta target / planning kedepannya. Sehingga kita bisa membantu dalam bentuk pembuatan proposal yang mungkin dibutuhkan,” tukas Rois
Ungkapan terima kasih juga disampaikan anggota Pokdarwis Eki yang siang itu didampingi Ad dan Riki.
“Warga sangat berterima kasih pada mahasiswa/i yang telah membantu perkerjaan dengan sukarela. dengan kedatagan mereka bergotong royong tentu memotivasi pemuda/i di Nagari Sikabu kabu untuk lebih giat lagi, kedepannya,” ucap Eki.
Sementara walinagari Sikabu Kabu Tanjung Haro Padang Panjang, Maskar Musdar sangat berterima kasih kepada mahasiwa/i Universitas Andalas Payakumbuh jurusan ekonomi pembangunan.
“Kegiatan kita hari ini merupakan langkah yang positif, patut diapresiasi. Kita berharap kegiatan serupa bukan hanya dari Universitas Andalas tapi juga dari kelompok-kelompok masyarakat lain. Khususnya pribumi. Mari kita sama-sama membangun agar destinasi wisata Puncak Kayu Kolek menjadi penopang destinasi wisata di Kabupaten Limapuluh Kota dan Payakumbuh khususnya Sumatera Barat,”apresiasi Maskar Musdar.
Tentunya, Pokdarwis benar-benar menjadi ujung tombak untuk membagun wisata di daerahnya,” pungkas walinagari. (A)
 

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.