payakumbuh

(P2TP2A) Kota Payakumbuh Berkunjung ke Batam

Payakumbuh - Jum'at,( 28/11) pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Perlndungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Payakumbuh yang dipimpin langsung ketua umumnya, Ny. Machdalena Erwin Yunaz, melakukan kunjungan kerja ke P2TP2A Kota Batam. Pengurus P2TP2A Kota Batam menerima kunjungan pengurus P2TP2A Payakumbuh di kantor DP3AP2KB kota Batam yang berada di komplek gedung bersama pemerintahan Kota Batam.

Pengurus P2TP2A Kota Batam yang diwakili Ibu Asriyati, mengungkapkan sambutan yg sangat baik terhadap datangnya rombongan dari kota Batiah, Payakumbuh, Sumatera Barat. "Kami sangat senang dengan kehadiran Bapak dan Ibu dari Payakumbuh. Semoga kita saling berbagi pengalaman terkait penanganan kasus perempuan dan anak, khsusunya melalui lembaga P2TP2A." Tutur bu Asriyati, yang menjabat sekretaris P2TP2A Kota Batam ini.
"Sebenarnya Kota Batam ini kan kota persinggahan ya, jadi turis-turis mancanegara itu, sebelum menuju tempat lain di wilayah Indonesia, biasanya mereka transit dan menikmati wisata di kota Batam ini. Sehingga, kehidupan masyarakat disini, mau tidak mau terpengaruh oleh budaya mereka. Tentunya hal itu juga memancing terjadinya berbagai masalah, termasuk juga masalah terhadap anak dan perempuan." Ungkapnya menjelaskan latar belakang pernasalahan di kota Batam.
Sementara itu, saat ditanya tentang penanganan yg dilakukan P2TP2A Kota Batam terhadap pengaduan kasus anak dan perempuan, mereka menjelaskan bahwa anggaran yg disediakan cukup untuk membuat terobosan dalam melkukan pencegahan dan penyelesaian kasus. "Alhamdulillah, Pemko Batam dalam hal ini diwakili P2TP2A dan dinas terkait, bahu membahu dalam memberikan perhatian terhadap permasalahan ini. Pemko menganggarkan anggaran mencapai Rp.356 juta untuk kegiatan P2TP2A. Di sisi lain, pihak terkait juga menyediakan Shelter atau Rumah Singgah, sehingga kita dari P2TP2A juga dengan mudah bisa memberika pelayanan pada perempuan dan anak yg berhadapan dengan hukum." Jelasnya.
Di lain pihak, rombongan P2TP2A Payakumbuh yang langsung dipimpin ketuanya merasa senang dengan sambutan hangat dari pengurus P2TP2A Kota Batam. "Kita sangat senang dengan sambutan dari pihak di sini, telah memberikan waktu untuk menyambut kita yg datang dari Payakumbuh. Semoga pertemuan ini bisa memberikan wawasan dan pengalaman baru yg bisa kami terapkan dalam menjalan peran dan fungsi P2TP2A di Kota Payakumbuh." Tutur ibu ketua yg biasa dipanggil Bu Lena, ini.
"Kita di Payakumbuh sebenarnya sudah berusaha melakukan tindakan preventif dan pencegahan melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah, serta upaya penanganan terhadap berbagai kasus yg menimpa kaum perempuan dan anak yg berhadapan dengan hukum. Hal itu biasanya dengan melakukan kunjungan langsung kepada korban dengan membawa pendampingan psikologis dari psikolog profesional. Di tahun 2018 ini saja, kita sudah berhasil mendamping 12 korban dan mendatangi mendatangi seluruh SMA dan SMP Negeri se kota Payakumbuh untuk melakukan sosialisasi pencegahan" Ungkap bu Lena saat mengekspose kegiatan P2TP2A Kota Payakumbuh. 
Di akhir kunjungan, rombongan P2TP2A Payakumbuh diajak keliling kantor oleh pengurus P2TP2A Batam yang berada di gedung bersama pemerintahan Kota Batam dengan suasana kantor yang ceria penuh nuansa anak-anak dan kekeluargaan tersebut. "Suasana kantornya sangat nyaman dan humanis ya, ini membuat setiap orang yg berurusan ke sini pasti merasa senang." Ungkap Bu Lena yang juga menjabat ketua GOW kota Payakumbuh itu.(A)

About integritas media

Diberdayakan oleh Blogger.