Sambut Hari Juang Kartika,Kodim 0306/50 Tanam Bibit Pohon

Payakumbuh,Integritasmedia.com - Menyambut Hari Juang Kartika yang jatuh pada 19 Desember 2018 mendatang, Komandan Distrik Militer 0306/50 Kota, Letkol Solikhin S.Sos MM membuka aksi penghijauan di Jalan By Pass Payobasuang, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh. Seribu bibit pohon ditanami disepanjang Jalan By Pass yang sudah mulai gersang.

Aksi penghijauan ini langsung diperintahkan oleh Mabes TNI yang berinisiatif untuk program penghijauan berkelanjutan di daerah-daerah yang masuk dalam basis perjuangan PDRI (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota-red). Pasalnya, daerah yang kaya akan nilai sejarah ini sudah mulai gersang dan rawan banjir.
“Dalam merealisasikan program penghijauan ini, kami dari TNI AD menggandeng Pemerintah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Saat ini, kami tanam seribu bibit pohon di sepanjang jalan By Pass Payobasuang. Selanjutnya akan ada aksi penghihjauan di lokasi lain yang masuk wilayah Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,” kata Komandan Distrik Militer 0306/50 Kota, Letkol Solikhin S.Sos MM melalui Kasdim Mayor HS Pasaribu usai membuka aksi penghijauan, Selasa (27/11).
Dikatakannya, setiap hari Jumat akan dilangsungkan aksi penghijauan oleh seluruh Koramil yang berada di bawah komando Kodim 0306/50 Kota sebanyak 100 pohon diwilayahnya masing-masing.
“Ini akan menjadi program rutin yang berkelanjutan. Usai peringatan Hari Juang Kartika, program ini akan terus berjalan. Setiap hari Jumat, seluruh Koramil yang berada di bawah komando Kodim 0306/50 Kota akan menanam 100 bibit pohon di wilayahnya. Khususnya di daerah yang sudah gersang dan hul sungai yang hutannya sudah gundul, ”kata Mayor HS Pasaribu.
Sampai saat ini, bibit pohon masih diusahakan secara swadaya oleh Kodim 0306/50 Kota. Namun, diharapkan pada program penghijauan ini pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota bisa membantu nantinya.
“Semoga permintaan kami untuk bibit bisa dipenuhi oleh Pemerintah Kota Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota. Pasalnya, ini akan menjadi program rutin nanti di tahun 2019,” katanya.
Usai menanami seribu bibit pohon di Payobasuang, Rabu (28/11) akan menanami seribu bibit pohon di Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota. Hal ini akan terus berlanjut sampai puncak peringatan hari Juang Kartika yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2018 mendatang.
Sementara itu, Kabid Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, Hepi S.IP menuturkan pada aksi penghijauan yang dilakukan oleh Kodim 0306/50 Kota ini pihaknya mengerahkan 20 tenaga kebersihan sebagai tenaga pembantu. Termasuk 2 truk dan 3 mobil pick up untuk mensukseskan acara penghijauan ini. Kemudian, bibit pohon yang telah ditanami ini akan diserahkan kepada penanggung jawab pertamanan kota wilayah Kecamatan Payobasuang untuk dirawat dan dijaga.

“Terima kasih kepada Kodim 0306/50 Kota yang membantu penghijauan di Kota Payakumbuh ini. Setelah ini urusan kami yang akan merawat dan menjaga agar bibit ini bisa tumbuh seperti yang diharapkan,” katanya. (A)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama