padang

Asisten Ekbang Sumbar : Kegiatan Harganas dan Penas Tani Akan Digabungkan

Padang,Integritasmedia.com - - Ada ide besar mengabungkan penyelenggaraan kegiatan nasional di Kota Padang antara Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan kegiatan nasional Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Tahun 2020 akan digabungkan. Ini mengingat event nasional yang akan dihadiri oleh  Presiden Republik Indonesia pada bulan yang sama.

Hal ini diungkap Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat Ir. Benny Warlis, MM dalam rapat persiapan kepanitian Harganas ke-27 di Kota Padang tahun 2020 di kantor perwakilan Badan Kesejahteraan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumbar,  Selasa (19/2/2019).

Lebih lanjut Benny Warlis menyampaikan, pengabungan kedua even nasional yang diselenggarakan di kota Padang yang direncana pada akhir bulan Juni 2020, apakah puncak acaranya di awal tanggal 20 Juni atau di Akhir 25 Juni dan atau diselenggarakan secara bersamaan tentunya nanti akan kita bahas dalam rapat gabungan panitia Penas Tani dan Panitia Harganas tahun 2020.

Kondisi ini juga menguna mengefesienkan penyelenggaraan baik biaya maupun waktu selain juga Kota Padang menjadi tuan rumah yang sama,  juga mengingat tahun 2020 di Sumatera Barat memiliki 7(tujuh) acara even berskala nasional.

Ketujuh even itu antara lain, MTQ Nasional ke-XXVIII perkiraan bulan Oktober 2020, Tour de Singakarak (TdS), Persiapan Kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON), Pekan Olahraga Daerah (Porprov) serta penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020, Gubernur dan Wakil Gubernur serta 10 kabupaten /kota di Sumatera Barat, ungkapnya.

Benny Warlis juga menyampaikan, oleh karena itu kegiatan pengabungan even Penas Tani dan Harganas tentu juga perlu menjadi kesepakatan bersama dengan pihak kementerian pertanian dan BKKBN pusat serta dari sekretaris negara kepresidenan.

Walau kegiatan even itu masih lama, namun segala persiapan dan perencanaan perlu disusun perencanaan sedemikian rupa baik dalam sisi penganggaran maupun persiapan kepanitiaan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kita berharap walaupun begitu banyaknya kegiatan nasional di Padang tentu kesemuanya ini diharapkan dapat terselenggara dengan baik dan sukses serta berdampak besar juga dalam mendorong kemajuan pembangunan daerah,  harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Keluarga Berencana (BPKB) dan Kependudukan Catatan Sipil Sumbar Novrial, SE, Akt. MSi juga menyampaikan kegiatan Harganas ke-27 di Kota Padang juga akan digabungkan dengan rangkai kegiatan peringatan hari jadi kota Padang, dimana Padang Fair disandingkan dengan kegiatan Gelanggang Dagang sebagai kegiatan kedeputian BKKBN.

Harganas juga bagian dari puncak-puncak kegiatan berbagai kedeputian di BKKBN, yang bertemakan kesejahteraan keluarga,  baik berupa seminar maupun pelatihan dan lain-lain.

Kita juga berharap semua OPD baik diprovinsi maupun OPD dikabupaten /kota dapat pula mengabungkan kegiatan yang bersifat kegiatan kesejahteraan keluarga pada event nasional agar lebih semarak dan meriah, himbaunya.

Novrial juga menambahkan dalam rangka membangun opini kesiapan penyelenggaraan tuan rumah Harganas tahun 2020, kita mesti segera menyiapkan logo dan orientasi visi dan misi yang akan kita gadang-dagangkan pada acara Harganas ke 27 tahun 2020 ini.

Saat ini kita sudah dapat suatu simpul orientasi pada peranan ibu dalam mensejahterakan keluarga Sumatera Barat - minangkabau sebagai sifat masyarakat metralinial (garis keturunan ibu). Kemudian ada dua sisi visi dan mjsi yang terungkap dalam visi pendidikan atau kepariwisataan.

Soal logo ini tentu akan menjadi bahan bahasan awal yang nantinya menjadi kegiatan BKKBN perwakilan dan pusat,  kita dapat memberikan masukan dan pandangan ujarnya.(A/Z)

About integritas media

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.