Penerima BPNT di Padang Pariaman Capai 19.300 Keluarga

Sekda Kabupaten Padang Pariaman, Jonpriadi
Parit Malintang-integritasmedia.com-PENERIMA bantuan pangan non tunai (BPNT) untuk Kabupaten Padang Pariaman, pada 2019 mencapai 19.300 keluarga, terang Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi

"Data ini merupakan data 2018 karena itu masih perlu dilakukan validasi ulang," tambahnya pada kegiatan sosialisasi transformasi penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (rastra) menjadi bantuan pangan non tunai di Parit Malintang, Kamis (28/3).

Ditambahkannya, bantuan sosial itu sebelumnya dinamakan rastra, namun sistem penyalurannya berbeda yang mana pada rastra berupa beras yang diberikan secara langsung.

Sedangkan BPNT, bantuan diberikan secara non tunai senilai Rp110 ribu per bulan kepada keluarga pra sejahtera yang disalurkan melalui BRI.

Keluarga pra sejahtera dapat menggunakan dana tersebut dengan menukarkannya di toko-toko yang sudah menjalin kerja sama dengan BRI.

Dengan perubahan ini maka keluarga pra sejahtera dapat membeli bahan pangan sesuai kebutuhannya sehari-hari, di antaranya telur dan minyak.

Menurutnya sistem penyaluran bantuan ini lebih baik dari sebelumnya, apalagi BRI sudah memiliki jaringan yang luas hingga tingkat nagari (desa adat) di Padang Pariaman. Pola penyaluran ini tidak saja bermanfaat untuk penerima manfaat, namun juga dapat meningkatkan pendapatan pedagang yang menjalin kerja sama dengan bank tersebut.

Kedepanya, pihaknya akan menempelkan nama-nama yang mendapatkan BPNT di depan kantor kecamatan, dan wali nagari setempat agar penyalurannya tepat sasaran. Sebab, dengan begitu, masyarakat dapat mengoreksinya, akhirnya. (at)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama