Pengerjaan Sodetan Batang Timbulun Segera Dimulai

Padang-integrutasmedia.com-DINAS Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang akan melakukan sodetan Batang Timbulun untuk meminimalisir terjadinya banjir di kawasan Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Karena, banjir dikawasan ini telah begitu mengancam keselamatan warga, pemukiman, fasilitas umum, dan infrastruktur kota seperti jalan dan jembatan.

Wali Kota Padang Mahyeldi saat melihat langsung kondisi Batang Timbulun, Minggu (10/3) lalu.
Dalam kesempatan tersebnut, Wako mengingatkan Camat Bungus Teluk Kabung dan Lurah setempat untuk mendata ulang lahan dan rumah warga yang terkena sodetan, agar proses ganti rugi tidak menemui kendala.

“Proses sodetan akan segera dimulai, untuk itu semua persiapan harus kita lakukan dengan baik”, ujar Mahyeldi.

Sementari itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza mengatakan, sodetan atau membuat jalur tembusan aliran sungai Batang Timbulun perlu dilakukan karena adanya perubahan struktur Batang Timbulun di segmen muara. “Normalisasi Batang Timbulun dengan sodetan akan dimulai tahun ini”, ujar Yenni, Kamis (14/3).

Ditambahkannya, pembuatan sodetan Batang Timbulun membutuhkan anggaran sekitar 65 miliar. Dimana, 10 miliar dari APBD Kota Padang untuk pembebasan lahan sepanjang 150 meter x lebar 64 meter. Dan 55 miliar dari APBD Provinsi Sumatera Barat untuk infrastruktur talud sungai dan jalan inspeksi kiri dan kanan sungai.

“Kedepannya, untuk antisipasi evolusi perubahan garis pantai, juga dibutuhkan dana APBN melalui BWSS V untuk pembangunan krib di segmen muara pantai”, imbuh Yenni. (at)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama