pariaman

Sebanyak 530 Linmas Siap Amankan Pemilu di Kota Pariaman

Handrizal Fitri
Pariaman-integritasmedia.com-SEBANYAK 530 orang anggota perlindungan masyarakat (LINMAS)  telah disiapkan Pemerintah Kota Pariaman untuk mengamankan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019 yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP/ Damkar) Kota Pariaman Handrizal Fitri, Kamis (21/3).

"Kami telah menyiapkan sebanyak 530 orang linmas yang merupakan masyarakat Kota pariaman dan mereka usualan dari Desa/lurah se-Kota Pariaman," tambahnya.

Linmas yang telah dibuatkan Surat Keputusan Kepala Satpol PP/ Damkar Kota Pariaman pada tahun 2018 lalu diharapkan bisa menjaga keamanan lokasi pemungutan suara pada hari pemungutan sampai penyerahan kotak suara kepada KPU Kota Pariaman.

"Linmas yang berada di TPS memiliki tugas untuk menjaga, memelihara ketertiban dan keamanan TPS, mulai dari proses pemungutan suara sampai penghitungan dan dalam menjalankan tugasnya linmas akan berkoordinasi dengan aparat yang terlibat dalam pengamanan lainnya," terangnya.
Dimasing-masing TPS akan ditugaskan 2 orang linmas. Linmas yang dipilih tentunya mereka yang tidak terkait dengan partai, tidak merupakan partisipan atau relawan calon anggota DPR maupun calon Presiden dan Wakil Presiden.

Sebenarnya untuk pembentukan Linmas ini telah dikoordinasikan bersama pihak KPU Kota Pariaman, karna semua anggaran untuk pelaksanaan Pemilu ini berada pada anggaran KPU.
Kendala yang ditemui saat pembentukan Linmas ini hanya terletak pada pengadaan pakaian, yang tidak dianggarkan oleh KPU.

Dan, untuk jalan keluarnya, KPU akan memberikan ID Card sebagai indentitas resmi dari KPU Kota Pariaman tetapi apabila Linmas tersebut masih mempunyai pakaian tahun sebelumnya bisa digunakan.

"Linmas yang saat ini ditunjuk untuk mengamankan pemilu terdiri dari dubalang, barakai dan pemuda-pemuda yang peduli dengan keamanan masyarakat di tingkat desa dan Linmas ini juga sudah kita berikan pelatihan akhir Desember lalu," tambahnya. (at)


About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.