liputan khusus

Dinas PUPR Siagakan Alat Berat, Jalur Mudik di Sumbar Aman


Padang-integritasmedia.com-SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, menyongsong lebaran tahun ini Pemprov Sumbar melalui Dinas PUPR yang dibantu beberapa pihak terkait telah menyiagakan alat berat dan telah disebar dibeberapa titik jalan yang rawan longsor dalam wilayah Sumbar.

Fathol Bahri
Bahkan Pemprov juga telah pula menyiapkan jalun artenatif untuk mengantisipasi mebludaknya pemudik tahun ini, ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Barat, Fathol Bahri.

Ditambahkannya, alat-alat berat yang disiagakan tersebut adalah wheel loader, excavator, bachae leader, motor grade, truk trailer, truk crane serta dumtruk, dan ditempatkan disejumlah wilayah seperti, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan.

“ Secara umum, jalan di Sumbar sudah layak untuk dilewati. Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti longsor yang akan menganggu kelancaran arus mudik, Dinas PUPR Sumbar sudah menyiagakan alat berat disejumlah titik,” tegas Fathol lagi.

Guna menghindari pemudik dari bahaya longsor, Dinas PUPR menginformasikan sejumlah ruas jalan yang rawan longsor itu, diantarnya adalah ruas jalan Padang – Solok (sering terjadi di Lubuk Selasih), ruas Lubuk Selasih – Solok Selatan lalu ruas Limapuluh Kota – Pangkalan, Bukittinggi – Pasaman dan sejumlah jalur lainnya, terang Fathol dengan rinci.

Dan untuk mengantisipasi macet dilapangan selama lebaran, selain menyediakan jalur alternatif, Pemprov Sumbar melalui Dinas PUPR telah mempercepat penambalan lobang-lobang jalan, menuntaskan pekerjaan struktur dan penyingkiran bahan material yang berserakan dibadan dan pingir jalan, membuang bahan tanah longsor pada kondisi hujan serta mengatur pakir yang efektif. Untuk parkir akan langsung dikelola oleh pihak yang berwenang.

“ Kita akan mengerahkan sejumlah personil di lapangan dan akan dikoordinir. Sehingga jika terjadi bencana langsung di terjunkan ke lokasi. Jadi, jika ada telephon masuk langsung disambungkan ke petugas di lapangan,” ujarnya lagi.

Bahkan Pemprov. Sumbar telah menyebar nomor telephon petugas yang dapat dihubungi masyarakat jika dibutuhkan untuk bantuan di jalan, seperti adanya bencana longsor atau jalan terban.

“Kami dari Pemprov melalui Dinas PUPR Sumbar mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, dan diharapkan kepada para pengendara saat mudik tetap hati-hati di jalan raya,” akhir Fathol. (at)

UNIT LAYANAN GANGGUAN DINAS PEKERJAAN UMUM SUMBAR
Tlp            : 0751-7055381
Handphon : 081363232566 


About integritasmedia2016

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.